Find Us On Social Media :
Foto : Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Balai Kota Jakarta, Kamis (15/12/2022) (Sonora FM Jakarta/ Lia Muspiroh)

DKI Jakarta Masih Data Pembebasan Lahan Proyek Saringan Sampah Ciliwung

Lia Muspiroh - Kamis, 15 Desember 2022 | 15:10 WIB

Sonora.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) sedang menginventarisasi lahan untuk proyek saringan sampah Kali Ciliwung di segmen Jl. TB Simatupang perbatasan Pasar Rebo, Jaktim.

Inventarisasi untuk memastikan apakah lahan tersebut milik Pemprov atau milik warga, karena ada ahli waris yang mengklaim lahan tersebut milik warga dan belum ada ganti rugi.

Pj. Gubernur Heru Budi Hartono mengatakan akan melakukan pengecekan lebih lanjut bersama Dinas SDA, baik soal lahan maupun ganti rugi.

"Ciliwung nanti saya cek ganti rugi apakah, kan banyak, apakah konsinyasi, apakah pengecekan lahannya seperti apa, tapi nanti keluhan warga saya tanya dengan SDA," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas SDA Yusmada Faizal mengatakan pihaknya juga sedang proses penyelesaian ganti rugi dan inventarisasi lahan.

"Lagi diinventarisasi, lagi diperiksa," ucap Yusmada.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan pembebasan lahan dan ganti rugi proyek pembangunan saringan sampah Kali Ciliwung memang masuk dalam anggaran SDA. Namun pembangunan saringan sampahnya oleh Dinas LH, Asep menyebut pembangunannya terhambat pembebasan lahan.

"Pembebasan tanahnya sempat telat hampir tiga bulan. Presentasenya (pembangunan]) sudah sekitar 25 persen," kata Asep 

 Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News