Sonora.ID - Menyambut Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 mulai 22 Desember 2022-8 Januari 2023, KAI Commuter lakukan persiapan-persiapan diberbagai aspek untuk kelancaran dan kesuksesan masa angkutan tahun ini.
KAI Commuter siap melayani masyarakat dengan fokus terhadap keselamatan, keamanan dan pelayanan untuk menjadi solusi ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia, KAI Commuter memprediksi kenaikan volume pengguna sebesar 49% dibanding tahun lalu. Sebanyak 12.3 juta lebih orang yang akan menggunakan commuterline labodetabek
Selama angkutan Nataru ini, commuterline beroperasi normal dengan total perjalanan 1081 dengan jam operasional mulai pukul 04.00 -24.00 WIB. Frekuensi ini bertambah 8% persen dan tahun 2021. Tidak ada penambahan jam operasional di malam tahun baru.
Baca Juga: PT KAI Kembali Juara di Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik 2022
Pemberangkatan commuterline terakhir masing-masing lintas diantaranya: Lintas Jakarta Bogor pada pukul 23.45 WIB, sedangkan untuk Bogor-Jakarta pada pukul 22.45 WIB.
Lintas Cikarang-Angke (Via Manggarai) pada pukul 22.15 WIB, Cikarang-Jakartakota (Via Pasar Senen) pukul 22.24 WIB, sedangkan Kampung Bandan-Cikarang (Via Manggarai) pada pukul 23.22 WIB, Lintas Tanah Abang-Parung Panjang pada pukul 23.40 WIB, sebaliknya untuk Rangkas Bitung-Tanah Abang pukul 21.59 WIB, dan Parung Panjang-Tanah Abang pukul 22.30 WIB. Untuk Lintas Tangerang-Duri pada pukul 22.10 WIB dan sebaliknya Duri-Tangerang pukul 23.48 WIB
Untuk memaksimalkan pelayanan perjalanan commuterline pada lintas Cikarang/Bekasi, KAI Commuter dan KAI Daerah Operasi 1 Jakarta bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian, pada Jumat 16 Desember 2022 kemarin telah melakukan Switch Over (SO)-3 Stasiun Bekasi.
Pelaksanaan SO ini mengaktifkan jalur rel, bangunan baru dan fasilitas pengguna KA di jalur I, II, dan jalur III. Dengan pengaktifan jalur baru ini diharapkan mampu menekan keterlambatan perjalanan kereta di lintas Cikarang/Bekasi.
Dari segi pelayanan dan pengamanan, KAI Commuter akan menugaskan sebanyak 2.974 orang Passanger Service (PS) yang siap membantu pelayanan di stasiun, sedangkan untuk pengamanan, 4000 orang petugas yang terdin dari personil Internal, security dan TNI/Polri juga siap memberikan pelayanan pengamanan kepada pengguna dalam bercommuter.
Baca Juga: BREAKING! Sekarang KRL Kembali Terapkan Aturan Jaga Jarak, Kemenhub: Sesuai Hasil Konsultasi
"Dalam masa Angkutan Nataru tahun ini, KAI Commuter siap dan akan memberikan pelayanan dan pengamanan maksimal kepada pelanggan kami." Ujar Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar. Untuk pembelian tiket dapat dilakukan dengan transaksi non tunai, transaksi pembayaran dengan uang elektronik seperti Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik bank ataupun dengan tiket QR tambah Roppiq.
KAI Commuter mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan commuterline megutamakan keselamatan, menjaga protokol kesehatan dan selalu ikuti arahan petugas. Pengguna yang membawa anak-anak, agar selalu memastikan dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama bercommuter baik di dalam kereta ataupun stasiun.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.