Semarang, Sonora.ID – With the wave of wellness being the key of modern lifestyle, salah satu istilah yang turut sering muncul adalah mindfulness.
Dan ternyata mindfulness ini juga bisa diterapkan ketika sedang bekerja. Apa itu mindfulness? Mengapa bisa diterapkan dalam bekerja?
Mindfulness itu ...
Manusia memiliki kemampuan untuk selalu sadar dengan kondisi saat ini dan apa yang sedang dilakukannya.
Kemampuan ini disebut dengan mindfulness. Dalam tahap ini, manusia tidak hanyut dengan masa lalu serta tidak tenggelam dalam keinginan di masa depan.
Kemampuan ini pun bisa membantu kita untuk berusaha mencapai keinginan yang telah direncanakan sebelumnya.
Mindfulness juga dapat dikatakan sebagai perasaan sadar sepenuhnya atau aware dengan diri sendiri dan apa yang ada atau terjadi di sekitar kita.
Biasanya, emosi yang kerap muncul ketika kita ada di kondisi mindful adalah ketenangan hingga rasa puas.
Lalu, bagaimana mindfulness dapat diterapkan dalam dunia kerja? Mengutip dari American Psychological Association, menghadirkan kondisi mindfulness pada diri memiliki ikatan positif dengan peningkatan produktivitas dan kreatifitas kerja, salah satunya adalah dapat mencegah burnout.
Pada dasarnya, praktik mindfulness menolong kita dalam mengurangi hal-hal negatif yang membuat stres.
Maka, efek samping yang kurang baik dari stres juga akan teratasi, misalnya jam tidur lebih teratur, tekanan darah cenderung normal, ingatan semakin tajam, hingga imun tubuh yang makin kuat.