Find Us On Social Media :
Illustrasi Musim Penghujan (Freepik)

Cuaca Dingin Awal tahun Bikin Batuk? Tenang Berikut Ada Tips Buat Kamu

Yustinus Khrisna Purnama Sakti - Rabu, 11 Januari 2023 | 12:30 WIB

Sonora.ID - Cuaca di awal tahun maupun juga di akhir tahun kemarin, masih berada pada Fase musim Penghujan kalau di Indonesia.

Pastinya musim Penghujan di Indonesia akan menimbulkan perubahan suhu yang sangat signifikan untuk beberapa daerah di Indonesia sendiri.

Cuaca hujan sangat identik dengan suhu udara yang lebih rendah dan pastinya dingin.

Hal ini pasti akan menyebabkan beberapa orang yang menderita alergi cuaca dingin atau tidak cocok dengan suhu yang lebih rendah, Akan memberikan efek samping berupa batuk ringan yang berkepanjangan.

Batuk yang disebabkan oleh udara yang dingin ini sendiri memberikan efek kepada tenggorokan atau saluran udara yang menjadi lebih bengkak dan mengalami Peradangan atau iritasi.

Kerap kali Hal ini terjadi atau alergi ini terjadi karena para pengidap alergi dingin pada tubuhnya salah atau keliru mengidentifikasi udara dingin sebagai salah satu zat yang membahayakan dirinya.

Baca Juga: Resep Tom Yam Ayam Thailand, Nikmat Disantap Saat Cuaca Dingin

Berikut ada beberapa cara yang kamu bisa gunakan untuk mengatasi batuk yang disebabkan oleh dinginnya cuaca di sekitar kamu:

1. Yang pertama kamu bisa melakukan kegiatan rutin untuk mencuci hidung sebagai bentuk membersihkan saluran pernafasan kamu pada bagian atas.

2. Menghubungi dokter ketika batuk yang disebabkan oleh cuaca dingin tidak berhenti atau memiliki intensitas kambuh yang sering segeralah untuk menghubungi dokter spesialis untuk mengkonsultasikan kondisi kamu dan kamu bisa mendapatkan suntikan alergi untuk masalah Pernapasan kamu ini.

3. Apabila alergi udara dingin yang menyebabkan kamu sering batuk dan kambuh-kambuhan alerginya kamu bisa menggunakan obat batuk anti alergi sebagai bentuk pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan di rumah.

Berikut adalah beberapa cara yang kamu bisa lakukan dan juga sederhana apabila kamu terserang alergi yang disebabkan oleh udara dingin di akhir atau awal tahun ini, Jaga terus kesehatanmu di tahun 2023 ini.

Baca Juga: Tips Merawat Sweater Berbahan Katun Agar Tidak Melar dan Luntur