Find Us On Social Media :
Rumus excel untuk admin. (Freepik)

20+ Rumus Excel Untuk Admin yang Wajib Banget Dikuasai, Apa Saja?

Arista Estiningtyas - Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Sonora.ID - Profesi sebagai admin kini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Orang yang bekerja sebagai admin ini memiliki tanggung jawab untuk mengurus tata kelola administrasi, misalnya, mengurus segala berkas, membuat laporan, pengarsipan, dan pengaturan keuangan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan sosok orang yang cekatan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu multitasking untuk menjadi seorang admin.

Selain itu, mengingat pekerjaannya yang tidaklah mudah, seorang admin juga harus tidak gagap teknologi terutama terkait dengan aplikasi-aplikasi yang mendukung pekerjaannya.

Salah satu aplikasi yang mendukung pekerjaan seorang admin adalah Microsoft Excel yang memiliki berbagai fitur untuk membantu seorang admin membuat laporan dan lain sebagainya.

Untuk menguasai Microsoft Excel ini memang diperlukan pengetahuan khusus lantaran aplikasi ini memiliki berbagai rumus untuk mempermudah pekerjaan.

Lantas apa saja sih rumus Excel yang bisa membantu pekerjaan admin itu? Simak informasinya berikut ini.

Baca Juga: Cara Filter di Excel yang Berguna Untuk Mempermudah Pekerjaan

Rumus Excel Untuk Admin

Untuk menitikberatkan kepada potensi angka yang tertinggi pada suatu data.

Rumus

=MAX(Angka1;Angka2;…)

Contoh

=MAX(B4:B9)

Mengarahkan dalam mencari data yang terendah. 

Rumus

=MIN(Angka1;Angka2;…)

Contoh

=MIN(B3:B9)

Untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).

Rumus

lower(text)

Contoh 

=lower("Jangan Lupa mencuci Tangan") > jangan lupa mencuci tangan

Untuk mengubah teks ke bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf besar).

Rumus

Proper(text)

Contoh

=proper("ini aDalah rumUS eXcel yang mudah diPelajari") > Ini Adalah Rumus Excel Yang Mudah Dipelajari

Untuk mengubah teks ke bentuk upper case (huruf besar semua)

Rumus

Upper(text)

Contoh

=upper("ini adalah rumus excel sederhana di dunia kerja") > INI ADALAH RUMUS EXCEL SEDERHANA DI DUNIA KERJA

Untuk mencari data secara vertikal.

Rumus 

vlookup(lookup_value,lookup_array,[match_type])

Contoh

=vlookup("Jojon",A1:C11,3,0)

Untuk mencari data yang dilakukan secara horizontal.

Rumus