Sonora.ID - Berikut ulasan selengkapnya mengenai "5 Contoh Surat Paklaring yang Benar dan Tepat, Amati Agar Tidak Salah".
Surat Paklaring merupakan sebuah surat atau dokumen keterangan yang mana seseorang pernah bekerja disebuah perusahaan pada jabatan serta jangka waktu tertentu.
Melalui Paklaring perusahaan dapat melihat data historis terkait karier seorang karyawan selama dirinya bekerja pada perusahaan.
Dalam hal ini adanya Surat Paklaring juga diatur didalam undang-undang pasal 1602 z KUHPerdata.
Kemudian surat Paklaringf juga dibutuhkan karyawan dalam syarat lampiran berkas ketika karyawan meninggalkan perusahaan dan melamar pada perusahaan baru.
Baca Juga: Niat Sholat Witir 1 Rakaat: Surat yang Dibaca dan Tata Caranya
Adapun fungsi dari Surat Paklaring tersebut dibagi menjadi dua yakni:
- Untuk perusahaan yang akan menerima calon karyawan dapat memastikan validitas antara pengalaman kerja yang kandidat akui dengan data historis Surat Paklaring. Anda juga dapat melihat apakah keahlian kandidat diakui dengan baik di perusahaan sebelumnya.
- Sedangkan bagi karyawan, paklaring memiliki fungsi yang cukup beragam. Mulai dari syarat dokumen untuk pencairan BPJS Ketenagakerjaan, mendapatkan beasiswa jalur profesional, mengajukan pinjaman dana kredit dari bank, hingga bukti untuk melamar di perusahaan baru.
Syarat seseorang layak mendapatkan Surat Paklaring: