Find Us On Social Media :
Simak! Pengertian Akomodasi, Tujuan dan Bentuk Akomodasi (Freepik.com)

Simak! Pengertian Akomodasi, Serta Tujuan dan Bentuk Akomodasi

Muhammad Aliefuddin Sayyaf - Selasa, 7 Februari 2023 | 16:50 WIB

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang bagaimana pengertian Akomodasi, tujuan dan bentuk akomodasi tersebut.

Akomodasi merupakan salah satu hal yang mungkin asing bagian banyak orang, khususnya bagi mereka yang masih berada di bangku sekolah.

Namun bagi mereka yang sudah masuk dalam dunia kerja, mungkin akan lebih familiar dengan kata Akomodasi ini.

Pasalnya Akomodasi biasanya digunakan dalam menyelesaikan konflik yang muncul diantara karyawan dalam sebuah perusahaan dan dapat bersifat permanen atau sementara, tergantung dari situasi dan kondisi yang ada di lapangan.

Lantas tentang bagaimana pengertian Akomodasi, tujuan dan bentuk akomodasi tersebut? Dilansir dari gramedia.com, simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga: 14 Contoh Akomodasi dalam Bermasyarakat serta Bentuk-bentuknya

Pengertian Akomodasi

Menurut ilmu Sosiologi, Akomodasi adalah keadaan dimana terdapat sebuah keseimbangan dalam interaksi sosial antara seseorang dengan orang lain, atau suatu kelompok dengan kelompok lain. Akomodasi sendiri sangat berhubungan dengan norma dan nilai-nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat di sebuah wilayah.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa kita sebut KBBI, Akomodasi adalah proses penyesuaian sosial dalam interaksi antara satu orang dengan orang lainnya, atau bisa juga penyesuaian sosial antara satu kelompok dengan kelompok lain yang berada di sebuah wilayah.

Baca Juga: 7 Faktor Penyebab Perubahan Sosial, Materi Sosiologi Kelas 9 SMP