Find Us On Social Media :
Ilustrasi 50 Contoh Kalimat Sederhana dan Kalimat Kompleks dalam Bahasa Indonesia (unsplash.com)

50 Contoh Kalimat Sederhana dan Kalimat Kompleks dalam Bahasa Indonesia

Muhammad Aliefuddin Sayyaf - Jumat, 10 Februari 2023 | 14:50 WIB

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja contoh kalimat sederhana dan kalimat kompleks dalam bahasa Indonesia.

Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan berbagai macam jenis kalimat yang sering di pelajari, salah satunya adalah kalimat sederhana dan juga kalimat kompleks.

Kalimat sederhana adalah kalimat yang terdiri dari satu klausa dan dalam pembentukannya harus ada subjek dan predikat, agar bisa menjadi sebuah kalimat yang memiliki makna.

Karena apabila tidak ada subjek atau predikat, maka kalimat tidak bisa terbentuk dengan baik dan akan kehilangan makna inti yang ingin disampaikan.

Baca Juga: Bahasa Inggris: 20 Contoh Kalimat Noun Phrases, Beserta Penjelasannya

Sedangkan kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur kalimat. Kalimat kompleks ini memiliki lebih dari satu predikat. Biasanya pada kalimat kompleks memiliki dua aksi peristiwa dan kejadian.

Biasanya pada kalimat kompleks ini dua struktur yang ada dipisahkan oleh tanda koma atau menggunakan konjungsi. Kalimat kompleks ini terbentuk dari gabungan beberapa klausa.

Lantas apa saja contoh kalimat sederhana dan kalimat kompleks dalam bahasa Indonesia tersebut? Dilansir dari adjar.grid.id, simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga: Contoh Kalimat Pujian untuk Anak SD Kelas 1, Sederhana tapi Membekas

Contoh Kalimat Sederhana