Find Us On Social Media :
Satlantas Wonogiri Gelar Operasi Candi (Polres Wonpgiri)

Satlantas Wonogiri Gelar Operasi Candi, Knalpot Brong Jadi Incaran

Nafila Cholifah - Senin, 13 Februari 2023 | 16:45 WIB

Wonigiri, Sonora.ID - Satuan Lalu Lintas Polres Wonogiri menggelar operasi pelanggaran kasat mata di sekitaran Alun-alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri pada akhir pekan Sabtu (11/2/2023) malam.

AKP Maryono, Kasat Lantas Polres Wonogiri mengatakan operasi tersebut merupakan rangkaian dari Operasi Keselamatan Candi yang saat ini sedang berjalan di Jawa Tengah dengan mengusung tema “Keselamatan Berlalu Lintas yang Utama dan Pertama”.

"Ini perintah pimpinan, selain itu banyak aduan dari masyarakat yang memohon knalpot brong yang kadang malam hari membuat tidak nyaman," kata Maryono kepada wartawan Minggu (12/2/2023).

Menurut AKP Maryono, masyarakat bermohon agar pihak Kepolisian menindak pengendara motor yang menggunakan knalpot brong. Pihak Kepolisian Wonogiri kemudian melakukan operasi di sekitaran alun-alun.

Baca Juga: Pecinta Kuliner Wajib Coba Es Doger Sopo Nyono di Pasar Krisak Wonogiri

AKP Maryono mengatakan, ada puluhan kendaraan yang terjaring razia dalam operasi pelanggaran yang kasat mata itu dengan mayoritas pelanggaran yang kasat mata adalah sepeda motor yang menggunakan knalpot brong.

"Ada 31 kendaraan, knalpot brong ada 19. Yang 12 itu kendaraan yang tidak menggunakan helm, lampu dan tidak dilengkapi kelengkapan semestinya," jelas AKP Maryono.

Kasat Lantas Wonogiri menjelaskan pelanggaran kasat mata bisa langsung dilakukan penindakan di tempat pelanggaran. Adapun rata-rata pelanggar yang terjaring masih berusia remaja.

"Masih anak-anak tanggung, anak-anak muda. Tindakan tilang manual di tempat, kendaraan dibawa ke Satlantas, kalau mau ambil ganti (knalpot) langsung di tempat,” jelas AKP Maryono.

Pihak Satlantas mengimbau agar masyarakat terus mematuhi aturan dalam berlalu lintas. Terkhusus untuk kawula muda, agar tidak mengganggu jangan menggunakan knalpot brong.

“Knalpot brong itu selain bising, bisa membuat masalah karena bersitegang karena suaranya itu,” ungkap AKP Maryono.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News