Find Us On Social Media :
Underpass Sukoharjo. (Tribun Solo)

Anggaran Lampu Underpass Sukoharjo Capai Miliaran Rupiah

- Selasa, 21 Februari 2023 | 13:25 WIB

Sukoharjo, Sonora.ID  Rencana pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) untuk Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo pada Senin (20/2/2023).

Selain di kawasan Underpass, pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) juga akan dilakukan untuk jalan umuk lain di Kabupaten Sukoharjo.

Pemerintah setempat juga sudah menganggarkan dana miliaran rupiah.

Tim wartawan menemui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo, Toni Sribuntoro untuk menanyakan perihal alasan pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tersebut.

Toni mengatakan rencana pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Underpass Makamhaji berawal dari pihak pemerintah Kabupaten Sukoharjo mendapatkan laporan dari masyarakat atas kurangnya pencahayaan di kawasan Underpass.

Baca Juga: Kota Solo Dilanda Banjir, FX Rudy Beri Saran pada Gibran

Toni juga sempat menjelaskan bahwa di sepanjang jalan akan diberi lampu warna-warni seperti di Jembatan Bacem, Solo Baru.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukoharjo mengusulkan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang akan dianggarkan sekitar 75 unit lampu.

Menurut Toni, anggaran untuk puluhan LPJU tidak hanya dipasang di Underpass Makamhaji saja, melainkan seluruh jalan-jalan di Kabupaten Sukoharjo.

Lelang LPJU tersebut nantinya dilakukan pertengahan tahun 2023.

Total LPJU yang dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo tersebut senilai Rp1,5 miliar.

Dalam anggaran tersebut, pemasangan LPJU dengan perkiraan anggaran Rp 20 juta per unitnya.

Baca Juga: Banjir Solo Mulai Surut, Pengungsi Kembali Pulang ke Rumah

Toni telah mengkoordinasikan dengan memetakan, hasilnya sekitar 8 ribu unit nantinya akan tersebar di sepanjang jalan Kabupaten Sukoharjo dan Underpass Makamhaji.

Perlu diketahui penerangan lampu tersebut merupakan laporan dari masyarakat, kemungkinan jalan-jalan yang rusak agar mendapatkan pencahayaan.

Penulis: Nela Rizqiya

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News