Find Us On Social Media :
Pelatihan Infografis Via Zoom Untuk admin media OPD di PPU. ()

Diskominfo PPU Gelar Pelatihan Pembuatan Infografis Bagi Admin Media OPD PPU

Etty Hariyani - Senin, 27 Februari 2023 | 16:13 WIB

Penajam, Sonora.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Penajam Paser Utara (PPU) mengadakan pelatihan Infografis Bagi Admin Media Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di PPU. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para admin media OPD PPU dalam membuat infografis guna penyebarluasan informasi publik.

Materi pelatihan disampaikan langsung oleh Happy Willy Nurachmatullah, selaku Perancang Grafis Diskominfo PPU, Rabu (22/02/2023).

Giat tersebut dilaksanakan secara dalam jaring (daring) dan di mikuti 16 peserta dari masing-masing OPD di Benuo Taka.

Tampak hadir Sekretaris Diskominfo PPU, Herlambang sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dalam penyampaiannya ia mengungkapkan bahwa penyajian informasi sangatlah diperlukan dalam Pemerintahan terutama seluruh OPD untuk disampaikan kepada masyarakat.

"Oleh karena itu, pada pelatihan kali ini, itu yg sangat dipentingkan adalah bagaimana pemahaman para admin di dalam OPD itu untuk mengetahui dan menyajikan informasi dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Baca Juga: Diskominfo PPU Mengadakan Pelatihan Penulisan Bagi SKPD 

Lebih lanjut, Ia menyebutkan meskipun leading sector penyajian informasi berada di Diskominfo PPU, namun bahan-bahannya berasal dari seluruh OPD. Karena OPD-OPD di Kabupaten PPU juga perlu memiliki kemampuan melalui admin media untuk dapat menyajikan informasi dengan baik dari masing-masing OPD.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini Diskominfo PPU tengah melaksanakan beberapa pelatihan dan pendampingan bagi admin OPD, diantaranya seperti pelatihan penulisan berita, pelatihan pembuatan infografis, pelatihan pengelolaan media sosial, dan pendampingan pengelolaan website. Infografis merupakan bentuk visualisasi (gambar) data yang digunakan untuk menyajikan informasi kompleks menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Happy selaku narasumber menyampaikan manfaat infografis, yakni kemudahan untuk menyampaikan informasi terlebih dengan adanya batasan ruang, waktu, dan fokus. Selain itu juga infografis dapat menarik perhatian pembaca dan efektif dalam kampanye pemasaran digital.

Selain teori, peserta juga diajak untuk melakukan praktik pembuatan infografis dengan menggunakan aplikasi desain grafis yang dapat diakses secara mudah.

Penulis: Etty Hariyani

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News