Find Us On Social Media :
Ilustrasi cara membuat Minutes of Meeting (unsplash.com)

7 Cara Membuat Minutes of Meeting, Lengkap dengan Contoh sebagai Referensi

Gema Buana Dwi Saputra - Selasa, 28 Februari 2023 | 17:10 WIB

Sonora.ID - Mari simak ulasan terkait cara membuat Minutes of Meeting (MoM) yang sudah dilengkapi dengan contoh sebagai referensi.

Bagi Anda yang sudah terbiasa menghadiri rapat pasti sudah tidak asing dengan istilah Minutes of Meeting atau yang disingkat sebagai MoM.

Istilah ini digunakan untuk merujuk pada dokumentasi rapat yang dilakukan oleh seorang sekretaris dengan mencatat informasi penting selama pertemuan berlangsung.

Penulisan Minutes of Meeting (MoM) tidak dapat dilakukan begitu saja karena ada beberapa cara yang harus dilakukan agar tersusun dengan rapi.

Simak penjelasan 7 cara membuat Minutes of Meeting berikut ini dan sudah lengkap dengan contohnya.

1. Persiapkan Format sebelum Rapat Berlangsung

Baca Juga: Jangan Panik! Ini 6 Cara Mengeluarkan Air dari iPhone dengan Atau Tanpa Aplikasi!

Anda bisa menyiapkan format terlebih dahulu sebelum rapat berlangsung dengan mengetahui tempat rapat, lokasi rapat, daftar kehadiran, nama pembicara, hasil rapat sebelumnya, keputusan rapat, rencana yang dilakukan, hasil voting, dan yang lainnya.

2. Ketahui Tujuan Rapat

Tujuan rapat wajib diketahui oleh Anda untuk bisa memahami dan menuliskan konsep-konsep penting yang dapat ditanyakan kepada pihak penyelenggara.