Find Us On Social Media :
Niat Puasa Nisfu Syaban 2023: Lengkap dengan Tata Cara dan Jadwal Pelaksanaan ()

Niat Puasa Nisfu Syaban 2023: Lengkap dengan Tata Cara dan Jadwal Pelaksanaan

Dita Tamara - Senin, 6 Maret 2023 | 10:05 WIB

Sonora.ID – Berikut ini niat puasa Nisfu Syaban 2023 bagi umat Islam.

Puasa Nisfu Syaban merupakan puasa sunah yang dilakukan untuk memohon ampunan Allah SWT.

Bulan Syakban menjadi bulan yang mulia bagi umat Islam di mana Allah SWT menjanjikan ampunan yang luas untuk umatnya.

Dalam sebuah hadistnya, Rasulillah SAW yang diriwayatkan Aisyah ra menjelaskan hukum puasa Syakban:

ا يَصُومُ. وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلَّا رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ فِي شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِي شَعْبَانَ. (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ)  

Artinya, “Diriwayatkan dari Aisyah ra, ia berkata: “Rasulullah SAW sering berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berbuka’; beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berpuasa’; aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadhan; dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadhan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Syakban,’”” (Muttafaqun ‘Alaih dengan redaksi yang diriwayat Muslim).

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Usamah bin Zaid berikut. juga menjelaskan hikmah dan keutamaan melaksanakan puasa di bulan Syakban:

عن أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ. قَالَ: ذَاكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ. (رواه النسائي وأبو داود وابن خزيمة. صحيح)

Artinya, “Diriwayatkan dari Usamah bin Zaid ra: ‘Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, saya tidak pernah melihat anda berpuasa satu bulan dari berbagai bulan bagaimana puasa anda dari bulan Syakban.’ Beliau menjawab: ‘Syakban itu bulan yang dilupakan manusia di antara Rajab dan Ramadhan. Syakban adalah bulan yang di dalamnya amal-amal dilaporkan kepada Tuhan semesta alam, maka aku senang amalku dilaporkan sementara aku sedang dalam kondisi berpuasa’,” (HR An-Nasa’i, Abu Dawud, dan Ibnu Khuzaimah).

Untuk lebih jelasnya, simak langsung niat puasa Nisfu Syaban berikut ini: