Sonora.ID – Berikut referensi contoh berita acara untuk berbagai keperluan, beserta cara menyusunnya dengan tepat.
Berita acara adalah dokumen atau surat penting yang bisa dijadikan sebagai bukti sah dari sebuah kejadian.
Biasanya, contoh berita acara banyak ditemukan ketika sebuah perusahaan atau acara membutuhkan notulensi di akhirnya.
Secara umum, tujuan berita acara sebagai dokumentasi bagi suatu lembaga atau organisasi, bahwa acara yang dilaksanakan sudah sesuai dengan yang direncanakan.
Maka dari itu, berita acara harus disusun dengan struktur penulisan yang benar dan sesuai kaidah agar informasinya bisa tersampaikan dengan maksimal.
Baca Juga: Contoh Khutbah Nikah, Beserta Hukumnya dalam Agama Islam, Lengkap!
Adapun jenis-jenis berita acara yang sering ditemui, yakni:
- Berita acara rapat
- Berita acara kejadian
- Berita acara serah terima
- Berita acara kesepakatan
- Berita acara kerjaan
Berita acara biasa digunakan sebagai surat penting di acara-acara seperti rapat, kegiatan serah terima, bukti peristiwa perampokan atau kecelakaan untuk bukti kepolisian, evaluasi kegiatan, pertemuan mengenai kesepakatan, hingga pemeriksaan polisi (BAP).
Cara Menyusun Berita Acara
Sebagai bukti resmi dari suatu kegiatan yang sudah dilaksanakan, berita acara harus dibuat dengan format khusus.
Berita acara juga harus dibuat dengan aturan penulisan yang tepat, karena biasanya akan menjadi dokumentasi resmi untuk lembaga atau organisasi yang mengadakan acara.
Cara menyusun berita acara yang sesuai adalah sebagai berikut.
- Sebelum menulis, semua kronologi harus dipahami secara jelas sehingga berita acara fokus pada hal-hal penting yang terjadi saat kejadian.
- Format berita acara yang resmi harus dilengkapi kop surat dan nomor surat, sementara untuk berita acara nonformal hal tersebut bersifat opsional.
- Berita acara diketik secara rapi dengan format yang sudah ditetapkan.
- Semua informasi dituliskan dengan detail, contohnya nama, tempat tinggal, alamat rumah sehingga dapat dicocokkan dengan nomor identitas.
- Informasi latar belakang, tempat kejadian juga kronologi waktu dituliskan secara teratur dan jelas.
- Terdapat tanda tangan semua pihak yang terlibat dalam acara tersebut.
- Ada saksi yang bisa dilibatkan untuk menjelaskan fakta yang terjadi.
- Adanya kesepakatan dalam berita acara contohnya penerimaan barang, jabatan atau pekerjaan yang dijelaskan secara lengkap.
Contoh Berita Acara untuk Berbagai Keperluan
Contoh 1
Berita Acara Rapat
POKJA BUDIDAYA LAHAN PEKARANGAN RUMAH PNPM MANDIRI PERDESAAN POLA KHUSUS MP3KI PROGRAM PENDAMPINGAN
Berkaitan dengan rencana pelaksanaan PNPM-Mandiri Perdesaan Pola Khusus MP3KI untuk Tahun Anggaran 2022 di Kecamatan Dau, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, maka pada hari ini:
Hari/Tanggal: Sabtu, 7 Mei 2022
Waktu: 08.00 – 10.00
Tempat: Desa Sumberejo Dau Malang
Telah dilaksanakan Pelatihan Budidaya Garut Program Budidaya Lahan Pekarangan Kegiatan PNPM-Mandiri Perdesaan Pola Khusus MP3KI skema percepatan yang didatangi oleh peserta dari wakil-wakil kelompok atau dusun dan unsur lain yang termasuk di Kecamatan, sebagaimana tercatat di dalam daftar hadir terlampir.
Materi atau topik yang dibahas pada forum ini serta yang bertugas sebagai unsur pimpinan rapat dan narasumber adalah:
Materi atau Topik
Kepentingan Bersama Untuk Desa
Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber
Pimpinan Rapat: Anton Sanjaya
Sekretaris: Haryati
Narasumber: Indah Permatasari, Sri Dewi, dan Ilham Nasir
Sesudah dilaksanakan pembahasan dan diskusi terkait materi atau topik di atas berikutnya seluruh peserta menentukan dan dapat menyepakati beberapa hal yang bertepatan menjadi keputusan akhir acara ini, yaitu:
Untuk melaksanakan kegiatan jumat bersih setiap hari jumat di Desa Sumberejo Dau Malang.
Demikianlah berita acara ini dibuat dan disahkan dengan penuh tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Malang, 7 Mei 2022
Pemimpin Rapat Notulen
(Muhammad Lutfi) (Haryati)
Contoh 2
Berita Acara Serah Terima Barang
Bandung, 9 Juni 2030
Dengan hormat,
Kami yang bertanda tangan di bawah ini: