Find Us On Social Media :
Ilustrasi Macam Macam Gerak Dasar Permainan Bola Voli (unsplash.com)

Macam Macam Gerak Dasar Permainan Bola Voli

Muhammad Aliefuddin Sayyaf - Rabu, 22 Maret 2023 | 09:45 WIB

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja macam macam gerak dasar permainan bola voli.

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang populer di seluruh dunia. Olahraga ini biasanya dimainkan di lapangan yang terdiri dari dua tim dengan masing-masing tim memiliki enam pemain.

Tujuan permainan bola voli adalah untuk memukul bola ke lapangan lawan dan mencegah bola jatuh di lapangan sendiri. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemain harus memahami dan menguasai gerakan dasar permainan bola voli.

Lantas apa saja macam macam gerak dasar permainan bola voli tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

 Baca Juga: 4 Prinsip Dasar Permainan Bola Voli: Servis, Passing, Smash, dan Block

  1. Servis

Servis adalah gerakan awal dalam permainan bola voli yang dilakukan untuk memulai setiap game. Servis bisa dilakukan dengan dua cara yaitu servis bawah dan servis atas.

Servis bawah dilakukan dengan menempatkan bola di bawah pinggang kemudian memukul bola dengan tangan bawah ke arah lapangan lawan. Sedangkan servis atas dilakukan dengan menempatkan bola di atas kepala, kemudian memukul bola dengan tangan yang terentang ke arah lapangan lawan.

  1. Passing

Passing adalah gerakan dasar dalam permainan bola voli yang dilakukan untuk memperoleh kontrol bola dan memberikan bola ke pemain yang akan melakukan serangan.

Pemain yang melakukan passing harus mengambil posisi yang tepat di belakang bola dan mengarahkan bola dengan menggunakan lengan dan tangan yang terentang ke arah pemain yang akan menyerang.

Baca Juga: Cara Melakukan Servis Atas Bola Voli dengan Teknik yang Benar