Find Us On Social Media :
Ilustrasi Yaumul Jaza ()

Yaumul Jaza dalam Agama Islam: Pengertian dan Gambarannya

Gema Buana Dwi Saputra - Jumat, 31 Maret 2023 | 13:15 WIB

Sonora.ID - Artikel kali ini akan membahas tentang Yaumul Jaza dalam Agama Islam yang dilengkapi dengan pengertian dan gambarannya.

Dalam ajaran Agama Islam, umat muslim akan menghadapi beberapa tahapan sebelum masuk ke dunia akhirat yang sebenarnya, salah satunya adalah Yaumul Jaza.

Tahapan terakhir sebelum masuk ke surga ini sudah pasti akan dihadapi oleh seluruh manusia ketika Kiamat Kubra sudah berlangsung.

Maka dari itu, kamu sebagai umat Muslim wajib memahami dengan baik seluruh gambaran dan proses terjadinya Yaumul Jaza.

Berikut adalah penjelasan Yaumul Jaza yang dilengkapi dengan pengertian dan gambarannya untuk dipahami dengan baik oleh seluruh umat Muslim.

Baca Juga: 2 Contoh Ceramah Ramadhan yang Menyentuh Hati dan Mengharukan

Pengertian Yaumul Jaza

Jika dijelaskan secara harfiah, Yaumul Jaza adalah hari pembalasan yang akan dihadapi oleh umat manusia sejak Nabi Adam sampai manusia terakhir yang bertemu hari kiamat.

Tahapan ini dihadapi setelah manusia memasuki Yaumul Hisab atau hari perhitungan amalan yang sudah dilakukan di muka bumi.

Setelah menghadapi hisab, manusia pun akan masuk ke tahap pengadilan atas segala tindakan yang dilakukannya selama di muka bumi atau yang disebut juga sebagau Yaumul Jaza.