Bandung, Sonora.ID – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, mulai 1 April 2023 ini mengalihkan pembelian tiket Kereta Api (KA) Lokal hanya melalui KAI Access, baik di Stasiun Bandung maupun Stasiun Kiaracondong.
"Ya, mulai 1 April 2023 ini untuk pembelian tiket KA Lokal hanya dilayani melalui KAI Access di Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong," ucap Manager Humas Daop 2 Mahendro T. Bawono di Bandung, Sabtu (1/4/2023).
"Untuk loketnya sendiri masih tetap ada, tapi hanya untuk pembelian go show atau pas di hari keberangkatan saja, dengan resiko kehabisan tiket," tutur Mahendro.
Mahendro juga menjelaskan, keberadaan loket tiket KA Lokal yang semula ada di sebelah selatan Stasiun Bandung, dipindah ke sisi sebelah barat dekat dengan pintu keluar Stasiun.
"Lokasi penjualan tiketnya kami pindah ke sebelah barat, karena di sini akan dijadikan ruang tunggu penumpang agar kapasitasnya jadi lebih besar sehingga tidak terjadi kepadatan di area zona 1 Stasiun," jelas Mahendro.
"Untuk alur proses boarding masih tetap seperti sebelumnya dimana calon penumpang yang sudah memiliki tiket KA Lokal dapat langsung boarding melalui pintu selatan. Untuk keluar stasiun dialihkan ke sisi timur Stasiun Bandung yang berseberangan dengan kantor KAI Services," urai Mahendro.
Mahendro juga mengatakan, bahwa area sebelah utara Stasiun Bandung akan ditingkatkan, seperti pelayanan loket dan Costumer Service berpindah ke sebelah timur Stasiun.
"Pelayanan loket dan Costumer Service yang berada di bangunan lama tidak difungsikan dan akan dimanfaatkan untuk tenant-tenant," kata Mahendro.
Lebih jauh Mahendro memaparkan, bahwa KA Lokal masih menjadi moda transportasi andalan sebagian besar masyarakat Bandung Raya untuk bepergian.
"Kami mencatat selama tahun 2023 mulai Januari sampai Maret 2023, penumpang KA lokal di Daop 2 sebanyak 3.451.683 penumpang," papar Mahendro.
"Mulai sekarang calon penumpang KA Lokal diimbau untuk menggunakan aplikasi KAI Access saat reservasi tiket KA Lokal yang dapat dilakukan mulai H-7," ucap Mahendro.
“Kebijakan ini merupakan upaya kami untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA. Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun, dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun,” tutup Mahendro.