Find Us On Social Media :
Corporate communications & community development group head PT Jasa Marga, Lisye Octaviana [kanan] bersama Direktur Utama PT. Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra [kiri], saat meninjau kesiapan jalur mudik, Selasa (11/04/2023) (Sonora/Lia Muspiroh)

Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Jasa Marga Tambah Toilet di Rest Area

Lia Muspiroh - Selasa, 11 April 2023 | 21:55 WIB

Sonora.ID - Corporate communications & community development group head PT Jasa Marga, Lisye Octaviana mengatakan Jasa Marga telah menyiapkan rest area untuk arus mudik balik lebaran 2023.

Untuk mengantisipasi kepadatan di rest area, pihaknya telah menambah jumlah toilet menjadi sekitar 1.700 toilet.

"Dari sekitar 1.100 yang semula kita ada sekarang jadi 1.700. Jadi kita tambah sekitar 50 persen dengan adanya toilet-toilet portable di beberapa titik," ucap Lisye saat meninjau kesiapan jalur mudik di Tol Jakarta Cikampek, Selasa (11/04/2023).

Jika rest area tetap penuh dan tidak mampu menampung pemudik, kata Lisye, maka pemudik bisa menggunakan kantor gerbang tol yang ditemukan sepanjang perjalanan, baik untuk istirahat maupun untuk menggunakan fasilitas toilet.

"Bila dirasa rest area sudah penuh, untuk bisa beristirahat juga kita siapkan kantong parkir darurat. Dan sepanjang ketemu kantor gerbang yang ada di jalan tol sudah kita koordinasikan untuk bisa beristirahat, dan toilet di gerbang tol itupun bisa digunakan," lanjutnya.

Selain fasilitas seperti toilet, untuk mengantisipasi kepadatan di rest area pihaknya juga berkoordinasi dengan pengelola rest area dan pengelola tenant, untuk menyediakan makanan dengan sistem take away.

"Pengelola rest area pun kita imbau, kepada seluruh tenant, untuk bisa menyediakan makanannya sudah siap, semuanya take away. Sudah kami koordinasikan dengan tenant supaya ini juga mempercepat waktu, jadi tidak ada waktu tunggu untuk menunggu makanan jadi," imbuhnya.

Baca Juga: Antisipasi kepadatan di Rest Area Jasa Marga himbau Pemudik untuk berada di Rest Area Maksimal 30 Menit

Di samping itu, Jasa Marga akan mengatur arus kendaraan yang keluar masuk rest area. Lisye menyebut alur kendaraan akan dibedakan berdasarkan jenisnya, akan ada perubahan flow kendaraan tidak seperti masa normal.

"Kendaraan masuk dan keluar akan berbeda. Kita sesuaikan dengan karakteristik gelombang mudik baliknya ini dan kami juga akan bedakan jalurnya untuk kendaraan kecil, kendaraan pribadi, kendaraan umum, itu juga sudah kita atur sedemikian rupa. Mungkin akan berbeda akan kita putar sehingga tidak ada penumpukan atau kemacetan karena masalah parkir," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Sub Komite Lalu Lintas Angkutan Jalan (Kasubkom LLAJ) Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan mengatakan kepadatan di rest area memang perlu diantisipasi.

Karena menurutnya rest area yang saat ini ada, didesain untuk kapasitas normal, sehingga akan mengalami overload.

"Saya yakin semua rest area yang ada, di rest area itu nanti akan mengalami overload. Karena semuanya didesain bukan untuk kapasitas yang sekarang [mudik], kapasitasnya adalah kondisi normal. Jadi dapat dipastikan akan terjadi overload," ungkapnya.

Baca Juga: Rangkuman Kebijakan Arus Balik Hari Ini, One Way hingga Buka Tutup