Find Us On Social Media :
Ilustrasi, tujuan utama dalam lompat jauh (HaloDoc)

Tujuan Utama dalam Lompat Jauh dan 4 Tahapan dalam Lompat Jauh

Sienty Ayu Monica - Senin, 1 Mei 2023 | 13:40 WIB

Sonora.ID – Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang diperlombakan di berbagai ajang. Apa tujuan utama lompat jauh?

Gerakan lompat jauh, dalam pelaksanaannya, merupakan perpaduan antara kecepatan, kekuatan, daya tahan, serta ketepatan.

Lompat jauh dilakukan dengan melompat ke depan dan berusaha agar badan melayang di udara dengan cara melakukan tolakan satu kaki untuk memperoleh jarak sejauh-jauhnya.

Olahraga lompat jauh tentu memiliki tujuan tersendiri, dan dalam melakukannya pun tidak asal melainkan dengan teknik yang mempuni.

Meski terlihat simpel dan mudah, lompat jauh membutuhkan penguasaan teknik dasar yang baik dan benar.

Baca Juga: Berikut Ini Adalah Cara Melakukan Gaya Melenting dalam Lompat Jauh

Tujuan utama lompat jauh

Tujuan utama lompat jauh adalah mencatatkan jarak paling panjang antara balok tumpuan atau tolakan dengan titik jatuh seorang pelompat di bak pasir.

Untuk mencapai tujuan utama lompat jauh yakni capaian jarak paling panjang di bak pasir, seorang pelompat dapat memaksimalkan tahapan ketika mendapat giliran untuk melompat.

Empat tahapan dalam lompat jauh adalah awalan (run up), tolakan (take off), sikap melayang di udara, dan gerakan mendarat (landing).

Sementara, menurut Engkos Kosasih (1985:67) via simpkb.id, yang menjadi tujuan lompat jauh adalah mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya dengan mempunyai empat unsur gerakan, yaitu awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap badan pada waktu jatuh atau mendarat.