Find Us On Social Media :
Suasana kedatangan pelanggan KA di Stasiun Bandung, Selasa (2/5/2023). (Dok. Humas Daop 2)

Mudik-Arus Balik Lebaran 2023, DAOP 2 Layani Lebih dari Satu Juta Pelanggan

Indra Gunawan - Selasa, 2 Mei 2023 | 16:10 WIB

Bandung, Sonora.ID - Sejak diberlakukannya Masa Angkutan Lebaran (Angleb) dari 14 April 2023 hingga 2 Mei 2023 (19 hari), PT. KAI Daop 2 Bandung telah melayani sebanyak 1.139.123 pelanggan kereta api (KA).

"Jumlah di tahun ini naik 10 persen jika dibandingkan dengan periode Angleb 2022 yaitu 1.035.420 pelanggan KA," ucap Manager Humas Daop 2 Mahendro Bawono di Stasiun Bandung, Selasa (2/5/2023).

"Pada periode 14 April – 2 Mei, Daop 2 Bandung melayani 282.764 pelanggan KA Jarak Jauh (KAJJ) dan 856.359 pelanggan KA Lokal. Seluruh pelanggan tersebut dipastikan sudah terlayani dengan baik sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah," ungkap Mahendro.

Menurutnya, pada masa Angleb tahun ini, puncak keberangkatan pelanggan terjadi pada 25 April 2023 dengan jumlah pelanggan yang dilayani sebanyak 18.262 pelanggan, dimana Stasiun Bandung menjadi keberangkatan dengan angka tertinggi yaitu 8.832 pelanggan.

Sementara itu puncak arus balik juga terjadi pada 25 April dengan jumlah kedatangan sebanyak 18.716 pelanggan KA.

Baca Juga: Daop 2 Bandung Perpanjang Operasi Kereta Tambahan Argo Parahyangan

“Pada masa angleb ini, kami mengoperasikan 517 perjalanan KAJJ, serta 1.178 perjalanan KA Lokal. Semua operasional perjalanan KA berjalan aman, lancar, tidak ada hambatan atau zero accident,” kata Mahendro menambahkan.

Mahendro mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat mulai dari Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan pihak-pihak lainnya yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun ini.

Daop 2 Bandung juga berterima kasih kepada para pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi selama masa Lebaran dan secara displin mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan," imbuhnya.

"Kami akan terus konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan KA agar kereta api tetap menjadi moda transportasi andalan yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai di tujuan,” tutup Mahendro.