Find Us On Social Media :
Desain masjid terapung Uwais Al-Qarni disiapkan menjadi ikon wisata religi Kota Palopo (Dok Humas Pemprov Sulsel)

Pemprov Sulsel Beri Hibah Rp13 Miliar untuk Pembangunan Masjid Terapung Palopo

Dian Mega Safitri - Jumat, 12 Mei 2023 | 17:11 WIB

Palopo, Sonora.ID - Kota Palopo sebentar lagi akan memiliki ikon wisata religi dengan hadirnya Masjid Uwais Al-Qarni atau disebut juga masjid terapung. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman secara khusus berkunjung ke Kota Palopo untuk melakukan peletakan batu pertama Masjid Uwais Al-Qarni. Andi Sudirman didampingi Wakil Wali Kota Palopo, Dandim dan Kapolres Palopo.

"Alhamdulillah, kami melakukan peletakan batu pertama Masjid Terapung Uwais Al Qaeni Jalan Lingkar Palopo," kata Andi Sudirman Sulaiman.

Pembangunan masjid itu, kata Sudirman, adalah atas permintaan warga. Pihaknya turun tangan membantu pembangunan masjid tersebut dengan memberikan hibah sebesar Rp13 miliar.

"Dana hibah telah diserahkan ke DKM masjid serta wakaf tanah 8 hektar dari Bapak H. Samang juga telah diserahkan ke panitia sebagai tanah peruntukan masjid," jelasnya.

Sudirman mengungkapkan, nantinya masjid akan dibangun dengan konsep pariwisata. Selain bangunan masjid, juga akan ada spot-spot yang bisa jadi destinasi wisata bagi masyarakat. Dengan demikian, hal itu semakin menjadikan Kota Palopo sebagai episentrum wisata religi.

Baca Juga: Kota Palopo Jadi Lokasi Pekan Literasi Digital

"Bahwa ini dimanfaatkan supaya bisa lebih menjadi salah satu destinasi untuk masyarakat berkunjung ke sini," sebut Andi Sudirman Sulaiman.

Untuk itu, Gubernur Andi Sudirman memohon doa kepada segenap masyarakat Kota Palopo, Wali Kota Palopo, Wakil Wali Kota, Kapolres, dan Dandim 1403 Palopo agar pembangunan bisa berjalan lancar.

"Semoga ke depan menjadi icon wisata relegi baru bagi warga Palopo dan sekitarnya sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat secara umum untuk pembentukan generasi berakhlak bebas radikalisme dan paham terorisme," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Masjid, Wahyudi Baso menyebut, peletakan batu pertama ini menandakan bahwa pembangunan masjid sudah dapat dimulai. "Kami ucapkan terima kasih. Kemudian dukungan masyarakat atas ada pembangunan masjid ini. Semoga itu lebih bermanfaat kepada masyarakat Kota Palopo," sebutnya.

 Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News