Bandung, Sonora.ID - Memasuki hari kedua pelaksanaan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023 KAI Commuter (KCI) di wilayah 2 Bandung, mulai menunjukkan peningkatan penumpang atau pengguna.
"Pengguna KA Commuterline pada hari pertama GAPEKA 2023 sampai pukul 17.00 WIB kemarin ada 51.024 orang, namun dari jumlah itu ada peningkatan. Secara total sepanjang hari pertama kemarin itu mencapai 53.199 orang," ucap VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Jumat (2/6/2023).
"Total perjalanan Commuterline di wilayah 2 Bandung per harinya ada 58 perjalanan. Semuanya berjalan dengan baik, dan kami juga mencatat 5 stasiun dengan pengguna terbanyak, yakni Stasiun Bandung dengan 7.508 Pengguna," ungkap Anne.
"Lalu ada Stasiun Cikarang 5.494 Pengguna, Stasiun Cicalengka 5.288 Pengguna, Stasiun Purwakarta 4.109 Pengguna dan Stasiun Padalarang 3.939 pengguna," imbuhnya.
Anne juga mengatakan, jumlah pengguna Commuterline di masing-masing stasiun di wilayah 2 Bandung mulai ada peningkatan.
Disinggung mengenai pengguna di Stasiun Gedebage, Anne mengatakan, walau baru resmi melayani naik dan turun pengguna Commuterline, per hari ini tercatat ada 343 pengguna yang memanfaatkan Stasiun Gedebage.
"Di Stasiun Gedebage pada hari kedua ini ada 343 orang pengguna. Itu data sampai pukul 15.00WIB," kata Anne.
Secara keseluruhan, perjalanan Commuterline berjalan normal, hanya sempat terjadi keterlambatan untuk perjalanan Commuterline Garut.
"Ya, tadi itu Commuterline Garut terdapat keterlambatan karena ada gangguan pada loko, jadi terlambat 96 menit, dan kami minta maaf atas keterlambatan tersebut, dan sekarang sudah normal kembali," tutur Anne.
Dijelaskan Anne, bagi para pengguna Commuterline Bandung Raya pada GAPEKA 2023, KAI Commuter melayani perjalanan terakhir hingga pukul Pukul 23.20 WIB dengan relasi Cicalengka (Ccl) - Kiaracondong (Kac), dan pukul 23.40 WIB relasi Padalarang (Pdl) - Kiaracondong (Kac).
Untuk pemesanan dan pembelian tiket perjalanan Commuterline Bandung Raya, pengguna dapat melakukan transaksi pada Aplikasi KAI Access.
"Loket di Stasiun masih tersedia, namun diperuntukkan bagi pengguna prioritas (lansia dan disabilitas). Petugas kami siap membantu untuk para pengguna yang akan melakukan pembelian tiket melalui KAI Access di semua stasiun wilayah 2 Bandung," tutup Anne.
Informasi terbaru perjalanan Commuterline wilayah 2 Bandung dapat disimak melalui layanan 24 jam Contact Center 021-121, website commuterline.id dan layanan Media Sosial Twitter/Instagram @commuterline.