Bandung, Sonora.ID - Daop 2 Bandung mencatat tren peningkatan jumlah pelanggan KA pada momen libur panjang Hari Pancasila dan Hari Raya Waisak.
"Pada periode 31 Mei - 2 Juni, Daop 2 Bandung telah melayani 43.895 pelanggan, terdiri dari 35.392 pelanggan KA Jarak Jauh dan 8.503 pelanggan KA Lokal," ucap Manager Humas Daop 2 Mahendro T. Bawono di Bandung, Sabtu (3/6/2023).
"Jumlah ini meningkat 45% jika dibandingkan periode yang sama pada pekan sebelumnya yaitu 24 - 26 Mei 2023. Daop 2 Bandung pada pekan tersebut melayani 30.374 pelanggan.
Pada periode tersebut, terdapat pelanggan sebanyak 25.777 pelanggan KA Jarak Jauh dan 4.597 pelanggan KA Lokal yang menggunakan layanan KA," kata Mahendro.
Menurutnya, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan KA pada sisa hari libur diperkirakan masih akan tinggi.
Baca Juga: KA Baru Pandalungan Tujuan Jember Jadi Rute Favorit Baru dari Stasiun Gambir
"Berdasarkan pantauan data penjualan terdapat 24.895 pelanggan baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang akan berangkat pada tanggal 3 - 4 Juni. Tentunya jumlah tersebut masih bisa berubah dan bertambah, karena masih dibukanya pemesanan tiket baik itu secara online maupun offline," jelas Mahendro.
Pada masa libur panjang kali ini, Stasiun Bandung menjadi stasiun dengan keberangkatan tertinggi dengan jumlah 18.213 pelanggan yang telah berangkat.
Sedangkan Stasiun Kiaracondong telah melayani 8.975 pelanggan. Berdasarkan data penjualan dan pemesanan tiket, masih ada 18.468 pelanggan yang akan berangkat dari kedua stasiun tersebut pada periode 3 - 4 Juni 2023.
Mayoritas kota tujuan favorit para pelanggan KA, lanjut Mahendro, pada masa libur panjang ini yaitu kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Surabaya, Malang, Solo, dan Kutoarjo.
Daop 2 Bandung juga mengimbau agar pelanggan memperhatikan kembali jadwal keberangkatan KA yang tertera pada tiket.
Hal ini seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan KA.
"Pemberlakuan Gapeka 2023 yang bertepatan dengan momen libur panjang merupakan inovasi dan komitmen peningkatan pelayanan Daop 2 Bandung kepada para pelanggan setia KA untuk mewujudkan transportasi yang tidak hanya cepat dan tepat waktu namun juga aman dan nyaman," tutup Mahendro.