Find Us On Social Media :
Ilustrasi PELANGGAN WILAYAH 2 BANDUNG SUDAH MULAI MENYESUAIKAN JADWAL COMMUTERLINE ()

Pelanggan Wilayah 2 Bandung Sudah Mulai Menyesuaikan Jadwal Commuterline

Indra Gunawan - Minggu, 4 Juni 2023 | 18:39 WIB
Bandung, Sonora.ID - Semenjak diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta (GAPEKA) 2023 di Wilayah 2 Bandung, sejumlah jadwal keberangkatan kereta api (KA) Lokal atau Lokalan berubah.
 
Penyebutan KA Lokal atau Lokalan pun berganti menjadi Commuterline.
 
Perubahan ini pun lantas membuat para penumpang atau pelanggan Commuterline beradaptasi kembali, terlebih PT KAI juga mulai membiasakan pelanggannya untuk menggunakan KAI Access dalam pembelian tiket Commuterline.
 
"Ya sampai hari ketiga (Sabtu 3/6) kemarin dari pemberlakuan GAPEKA 2023, semua stasiun berjalan kondusif. Wilayah 2 Bandung masih mengoperasikan 58 perjalanan," tulis VP Corporate Secrerary KAI Commuter Anne Purba, dalam siaran persnya, Minggu (4/6/2023).
 
"Pelanggan sudah mulai menyesuaikan dengan jadwal Commuterline yang baru. Apalagi rata-rata waktu tempuh perjalanan Commuterline di wilayah 2 bandung jadi lebih singkat. Selain percepatan waktu tempuh, kami juga melakukan penyesuaian dengan memperkecil "headway" atau waktu tunggu antar perjalanan kereta," ungkap Anne.
 
Kembali dalam siaran pers tersebut diinformasikan jadwal perubahan perjalanan Commuterline Bandung Raya pada GAPEKA 2023 sebagai berikut:
  1. Untuk jadwal perjalanan Commuterline Bandung Raya relasi Padalarang - Cicalengka pertama pukul 04.20 WIB yang sebelumnya pada pukul 04.35 WIB.
  2. Untuk jadwal perjalanan Commuterline Bandung Raya relasi Cicalengka - Padalarang pertama pukul 04.20 WIB yang sebelumnya pada pukul 04.30 WIB.
  3. Untuk jadwal perjalanan Commuterline Bandung Raya terakhir relasi Padalarang – Kiaracondong pukul 23.20 WIB yang sebelumnya pada pukul 00.20 WIB.
  4. Untuk jadwal perjalanan Commuterline Bandung Raya terakhir relasi Cicalengka - Kiaracondong pukul 23.20 WIB yang sebelumnya pada pukul 23.05 WIB.
Baca Juga: Pengguna KA Daop 2 Bandung di Musim Libur Panjang Meningkat

Secara umum, jelas Anne, 58 perjalanan Commuterlne wilayah 2 Bandung itu mengakomodir perjalanan Commuterline relasi Padalarang - Cicalengka sebanyak 40 perjalanan, Commuterline Walahar Relasi Cikarang - Purwakarta sebanyak 10 perjalanan, Commuterline Garut relasi Cibatu - Padalarang ada 2 perjalanan, Commuterline Garut relasi Garut - Purwakarta ada 2 perjalanan dan Commuterline Jatiluhur relasi Cikarang - Cikampek ada 4 perjalanan.

Anne juga menjelaskan, pada hari ketiga (3/6) kemarin, KAI Commuter mencatat jumlah pengguna Commuterline wilayah 2 Bandung sebanyak 48.105 orang.
 
"Hari ketiga atau Sabtu kemarin itu total pelanggan di wilayah 2 Bandung ada 48ribuan orang, dan Commuterline Bandung Raya menjadi favorit pengguna sebanyak 26.840 orang. Total volume pengguna selama 3 hari pelaksanaan GAPEKA ini sebanyak 142.523 orang," jelas Anne.
 
Diinformasikan, Minggu (4/6/2023) hingga pukul 12.00 WIB KAI Commuter telah melayani 13.507 orang pada Commuterline Walahar, 717 orang Commuterline Jatiluhur, 7.929 orang Commuterline Garut, dan 15.016 orang pada Commuterline Bandung Raya.
 
Selain itu, KAI Commuter juga meminta maaf atas kejadian  gangguan sarana pada Commuterline Garut relasi Garut - Purwakarta yang menyebabkan keterlambatan selama 73 menit.
 
Lalu untuk Stasiun Gedebage, selama 3 hari pengoperasian, telah melayani naik dan turun pengguna sebanyak 1.194 orang dan sampai dengan pukul 12.00 WIB (4/6) tercatat jumlah pengguna naik dan turun di Stasiun tersebut sebanyak 310 orang.
 
Untuk pemesanan dan pembelian tiket perjalanan Commuter Line Bandung dan sekitarnya pengguna dapat melakukan transaksi pada Aplikasi KAI Access.
 
Tersedia loket di Stasiun dan diperuntukkan kepada pengguna prioritas (Lansia dan disabilitas). 
 
Senin (6/6), KAI Commuter wilyag 2 Bandung tetap akan mengoperasikan 58 perjalanan, pengguna diharapkan untuk menyesuaikan perjalanan sesuai dengan GAPEKA 2023 yang sudah berlangsung 3 hari.
 
KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna untuk mengecek kembali jadwal perjalanan, mematuhi aturan yang berlaku dan selalu ikuti arah petugas. 
 
Informasi terbaru perjalanan Commuterline wilayah 2 Bandung dapat disimak melalui layanan 24 jam Contact Center 021-121, website commuterline.id dan layanan Media Sosial Twitter/Instagram @commuterline. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Kota Bandung Tawarkan Keanekaragaman UMKM di Rangkaian Bank Jateng Friendship Run