Sonora.ID - MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah menjadi salah satu kegiatan sekolah yang wajib diikuti oleh para siswa baru.
Kegiatan yang biasanya digelar pada minggu pertama awal tahun pelajaran ini digelar untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.
Guna menunjang pelaksanaan kegiatan MPLS ini pihak panitia tentu memerlukan sebuah proposal untuk mengajukan sebuah rencana kegiatan, mengajukan permohonan dana, dan memandu secara resmi terkait dengan pelaksanaan teknis acara.
Sebuah proposal kegiatan tidak dapat ditulis secara sembarangan. Proposal harus ditulis sesuai standar dan struktur penulisannya seperti berikut.
- Nama Kegiatan
- Dasar Pemikiran atau Pendahuluan
- Tujuan Kegiatan
- Waktu dan Tempat Kegiatan
- Peserta
- Susunan Kepanitian
- Anggaran Biaya
- Bentuk Kegiatan
- Penutup
Di bawah ini pun kami sajikan kumpulan contoh proposal MPLS untuk SMP, SMA/SMK yang sesuai dengan struktur, dikutip dari berbagai sumber.
Baca Juga: 7 Contoh Proposal Pengajuan Dana: Singkat dan Benar Sesuai Struktur
Contoh Proposal MPLS Untuk SMP, SMA, SMK
Contoh 1
PROPOSAL KEGIATAN
MASA PENGENALAN
LINGKUNGAN SEKOLAH
TAHUN …
A. PENDAHULUAN
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.
MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan.
MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut.
Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainya di sekolah itu.
Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
- Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah
- Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
- Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran di sekolah.
- Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
- Menumbuh kembangkan jiwa patriotisme terhadap sekolah sebagai wujud nyata mempersiapkan siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.
C. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN