Find Us On Social Media :
Contoh Hewan Porifera Berdasarkan Kelasnya: Materi Biologi ()

Contoh Hewan Porifera Berdasarkan Kelasnya: Materi Biologi

Nisa Hayyu Rahmia - Senin, 24 Juli 2023 | 16:25 WIB

Sonora.ID - Mengenal contoh hewan porifera berdasarkan kelasnya akan membantu kita menjelajahi keberagaman dunia Kingdom Animalia dalam biologi.

Hewan porifera termasuk dalam filum hewan invertebrata atau hewan avertebrata yang berarti hewan tak bertulang belakang.

Dilansir dari buku Big Pelajaran SMA, hewan avertebrata umumnya bertubuh lunak dengan rangka luar (eksoskeleto) menyelubungi tubuhnya.

Sementara itu, hewan porifera adalah hewan yang memiliki pori-pori atau lubang-lubang kecil di seluruh tubuhnya dengan fungsi sebagai jalan masuknya air ke dalam tubuh.

Baca Juga: Contoh Hewan Avertebrata dan Ciri-cirinya yang Perlu Diketahui

Habitat porifera biasanya perairan jernih tak berarus kuat, baik di perairan laut dangkal, laut dalam, danau, dan aliran sungai, demikian dijelaskan buku Biologi Interaktif SMA/MA.

Contoh hewan porifera sebenarnya dapat dibedakan berdasarkan kelasnya yang terdiri dari calcarea, demospongiae, hexatinellida, dan homoscleromorpha.

1. Calcarea (Spons Berkapur)

Hewan porifera Calcarea atau spons berkaput ditemukan hidup di laut dan biasanya bersifat soliter, meskipun ada juga yang hidup dalam kelompok.

Salah satu ciri khas dari kelompok ini adalah tidak adanya spongin, sebuah protein yang ditemukan pada spons-spons lain.