Sonora.ID – Etika adalah aturan, norma, kaidah, ataupun tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman atau asas suatu individu dalam melakukan perbuatan dan tingkah laku.
Etika tak ubahnya sekat tak kasatmata yang membatasi agar setiap perbuatan kita tidak sampai mengganggu kenyamanan orang lain.
Itulah sebabnya, meskipun tidak tertulis, etika akan terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di manapun kamu berada, termasuk dalam berbisnis.
Menjalankan bisnis itu bukan hanya tentang untung dan rugi saja. Ada banyak faktor lain yang harus diperhatikan dan mempengaruhi kelancaran suatu bisnis, termasuk etika bisnis.
Dalam dunia wirausaha, etika bisnis merupakan suatu hal yang perlu diajarkan dan dipraktikkan oleh setiap individu pelaku usaha.
Baca Juga: Pengertian Bisnis: Jenis dan Tujuan, Beserta Contohnya Lengkap!
Secara umum, etika bisnis adalah nilai-nilai moral yang berkaitan dengan kebenaran dalam berbisnis.
Etika bisnis diperlukan supaya perusahaan memiliki kinerja baik. Dalam menjalankannya, etika bisnis menjadi standar atau pedoman, tidak hanya bagi karyawan, namun untuk semua pihak yang ada di dalamnya.
Makanya tak peduli wirausaha tersebut berskala kecil atau besar, hal yang penting adalah pelaku usaha harus menerapkan etika bisnis dalam menjalankannya.
Tujuan utama etika bisnis, yaitu untuk menciptakan kesejahteraan bisnis, menciptakan rekam jejak bisnis yang baik, dan memperluas jangkauan usaha.