Find Us On Social Media :
Ilustrasi Surat Al-Maidah Ayat 48 (freepik.com)

Surat Al-Maidah Ayat 48, Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, Terjemahan, dan Tafsirannya

Gema Buana Dwi Saputra - Selasa, 8 Agustus 2023 | 12:40 WIB

Sonora.ID - Kamu dapat menyimak penjelasan tentang Surat Al-Maidah Ayat 48 berikut ini yang sudah dilengkapi dengan Bahasa Arab, latin, terjemahan, dan tafsirannya.

Al-Maidah merupakan salah satu surat suci Al-Quran yang diturunkan di Madinah, ketika Nabi Muhammad mengalami peristiwa Haji Wada.

Dalam Surat Al-Maidah Ayat 48, Allah menjelaskan bahwa Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai petunjuk dalam menyelesaikan perkaranya.

Ayat dalam Surat Al-Maidah ini juga mengandung hal yang benar dan salah dalam ajaran Islam sebagai pendoman dalam menjalani hidup.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap terkait Surat Al-Maidah Ayat 48 yang sudah dilengkapi dengan tafsirannya.

Al-Maidah Ayat 48

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya: Keutamaannya Apa Saja Bila Dibaca?

وَأَنزَلْنَآ إِلَيْكَ ٱلْكِتَٰبَ بِٱلْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَٱحْكُم بَيْنَهُم بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَآءَهُمْ عَمَّا جَآءَكَ مِنَ ٱلْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَٰحِدَةً وَلَٰكِن لِّيَبْلُوَكُمْ فِى مَآ ءَاتَىٰكُمْ ۖ فَٱسْتَبِقُوا۟ ٱلْخَيْرَٰتِ ۚ إِلَى ٱللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Wa anzalna ilaikal-kitaba bil-haqqi musaddiqal lima baina yadaihi minal-kitabi wa muhaiminan 'alaihi fahkum bainahum bima anzalallahu wa la tattabi' ahwa'ahum 'amma ja'aka minal-haqq, likullin ja'alna mingkum syir'ataw wa min-haja, walau sya'allahu laja'alakum ummataw wahidataw wa lakil liyabluwakum fi ma atakum fastabiqul-khairat, ilallahi marji'ukum jami'an fa yunabbi'ukum bima kuntum fihi takhtalifun.

Artinya: "Dan Kami telah turunkan kepadamu Al-Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,"

Tafsiran Al-Maidah Ayat 48