Find Us On Social Media :
Siap di buka kembali Jembatan Jurug B (Reporter RIA FM)

Jembatan Jurug B Siap Dibuka, Kemacetan Di Solo Sudah Bisa Teratasi

Kresna Wicaksono - Selasa, 5 September 2023 | 09:55 WIB

Solo, Sonora.ID - Proses revitaliasasi Jembatan Jurug B Solo akhirnya telah rampung. Jembatan ini rencananya akan dibuka pada 5 september 2023 pukul 14.00.

Jembatan Jurug B direvatilisasi menggunakan kontruksi PT Baja Titan digunakan sebagai pondasi jembatan, pilar , lantai jembatan, pagar dan sebagainya.

"Alhamdulillah proses pembangunan hampir satu tahun," terang Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Taufiq Muhammad, Senin (4/9/2023).

Dengan demikian, rekayasa lalu lintas bisa kembali seperti dulu.

"Jembatan Jurug B digunakan untuk kendaraan ke arah timur, sedangkan Jembatan Jurug C ke arah barat," ujarnya

Jembatan Jurug B telah mampu menahan beban sampai 30 ton dan dilengkapi SHMS atau alat untuk memonitor kesehatan jembatan, agar memberikan layanan bagaimana jembatan mengakomodasi beban kendaraan yang melintas.

"Ini akses nasional lintas provinsi mengakomodir semua kendaraan. Kendaraan 30 ton aman," ujar Taufiq.

Baca Juga: Pemkot Solo Siapkan Kantor FIFA dan Konsep Promosi Piala Dunia U1


Jembatan jurug B yang direvitalisasi diklaim memiliki lebar 9,5 meter yang sebelumnya 7 meter dan memiliki ketahanan selama 1 abad atau 100 tahun. Tafiq menerangkan bahwa jembatan jurug B ini merupakan akses nasional lintas provinsi di pulau Jawa.

Jembatan ini bisa mengakomodir semua kendaraan yang akan melintas melalui kota Solo.

"Sudah dilakukan uji coba beban 30 ton alhamdulilah aman, Besok masyarakat bisa menggunakan akses Jembatan Jurug. Untuk aktivitas masyarakat Solo dan sekitarnya," katanya mengakhiri.

Hal ini menjadi kabar baik bagi warga Soloraya yang selam 1 tahun ini mengalami kemacetan dan harus melalui jalan alternatif baik yang menuju kota Solo maupun keluar kota Solo.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News