Find Us On Social Media :
Ilustrasi contoh soal UTS Sosiologi kelas 11 semester 1 (freepik.com)

50 Contoh Soal UTS Sosiologi Kelas 11 Semester 1 dengan Jawabannya

Gema Buana Dwi Saputra - Jumat, 22 September 2023 | 09:45 WIB

Sonora.ID - Berikut adalah contoh soal UTS Sosiologi kelas 11 semester 1 yang sudah dilengkapi dengan kunci jawabannya untuk bahan belajar.

Ujian Tengah Semester (UTS) sedang berlangsung dan seluruh mata pelajaran pun diujikan kepada siswa/i, seperti Sosiologi yang ditujukkan khusus bagi jurusan IPS atau lintas minat.

Kamu dapat mempelajari beberapa contoh soal UTS Sosiologi kelas 11 semester 1 untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi penilaian tengah semester kali ini.

Contoh soal yang tersedia pun sudah dilengkapi dengan kunci jawaban yang dapat digunakan untuk mengoreksi jawaban setelah seluruh soal latihan UTS ini kamu kerjakan.

Simak langsung 50 contoh soal UTS Sosiologi kelas 11 semester 1 yang sudah lengkap dengan kunci jawaban berdasarkan rangkuman Sonora ID dari berbagai sumber berikut ini.

1. Penyesuaian terhadap perubahan yang diakibatkan oleh mobilitas sosial tampak pada sejumlah hal berikut, kecuali...

Baca Juga: 22 Contoh Masalah Sosial Lengkap dengan Pengertian, Penyebab dan Klasifikasi

A. Berlakunya aturan baru
B. Tingkat kebebasan yang lebih tinggi
C. Masyarakat mempunyai sikap baru terhadap suatu keadaan
D. Terjadinya pergantian dominasi

2. Sejumlah besar buruh pabrik yang bekerja di sebuah kawasan industri terpadu, melakukan unjuk rasa dan pemogokan demi menuntut kenaikan upah. Kasus tersebut menunjukkan terjadinya konflik... untuk berupaya melakukan mobilitas sosial.
A. Antarkelas
B. Antargolongan
C. Antarkelompok
D. Antargenerasi

3. Seorang guru sosiologi di salah satu SMA sering menjuarai lomba karya tulis, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah atau swasta. Oleh karena itu, ia diangkat menjadi kepala sekolah. Mobilitas sosial yang dilakukan guru tersebut menunjukkan adanya pola hubungan antara status sosial dan...
A. Hobi yang diminati
B. Prestasi yang diraih
C. Pekerjaan yang ditekuni
D. Latar belakang pendidikan

4. Rumi berasal dari keluarga kurang mampu. Akan tetapi, ia mempunyai semangat yang tinggi untuk tetap bersekolah. Rumi memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Setelah kuliah, ia mencoba berwirausaha dengan membuat kue. Bermula dari usaha kecil tersebut, usaha Rumi berkembang pesat sehingga ia dapat membiayai sekolah adiknya dan membangun toko kue. Faktor pendorong mobilitas sosial pada ilustrasi tersebut adalah...
A. Kondisi ekonomi dan kemampuan individu
B. Situasi politik dan pertumbuhan penduduk
C. Pertumbuhan penduduk dan kondisi ekonomi
D. Struktur sosial masyarakat dan kemampuan individu

5. Kevin menolak saran orang tuanya untuk melanjutkan kuliah setelah SMA. Kevin memilih bersenang-senang bersama teman-temannya atau menganggur di rumah. Padahal orang tuanya berharap Kevin memanfaatkan masa mudanya untuk menimba ilmu sehingga menjadi orang sukses pada masa depan. Konsekuensi mobilitas sosial berdasarkan kasus tersebut adalah...
A. Timbul pemahaman nilai baru pada anak
B. Timbul solidaritas antaranggota keluarga
C. Terjadi peningkatan status sosial orang tua
D. Terjadi penurunan perekonomian keluarga

6. Tunjukkan konsep kelompok sosial yang "Benar" atau "Salah" dari beberapa kalimat di bawah ini!
(1) Terbentuk karena adanya kesamaan tujuan yang ingin dicapai bersama.
(2) Antaranggota tidak mengenal ataupun berinteraksi satu sama lain.
(3) Bersifat sementara dan terbentuk karena adanya pengaruh dari luar.

A. 1 (Benar), 2 (Salah), 3 (Salah)
B. 1 (Salah), 2 (Salah), 3 (Salah)
C. 1 (Benar), 2 (Benar), 3 (Salah)
D. 1 (Benar), 2 (Salah), 3 (Benar)

7. Aktivitas banyak orang di stasiun kereta api lebih tepat masuk kategori kerumunan karena.....

A. jumlah anggotanya relatif besar
B. tidak memiliki kesamaan tujuan
C. keberadaannya bersifat sementara
D. tidak memiliki nilai dan norma sosial

8. Husni mengikuti program pertukaran pelajar di luar negeri. Husni harus beradaptasi dengan sekolah barunya. Oleh karena itu, ia berupaya mengenal budaya setempat dengan membaca banyak sumber literatur, selalu menunjukkan kesan positif pada orang lain, dan menjalin komunikasi yang baik dengan teman-teman di kelasnya. Kondisi tersebut menunjukkan proses pembentukan kelompok pada tahap.....

A. norming
B. forming
C. storming
D. adjourning

9. Dasar kategorisasi kelompok dalam (in-group) dan kelompok luar (out-group) ialah......

A. besar kecilnya jumlah keanggotaan
B. identitas yang dimiliki antaranggota
C. kekuatan atau pengaruh yang diberikan
D. tingkat keeratan hubungan antaranggota