Find Us On Social Media :
Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, H. Marijan, S.Pd., M.Kes. (William)

Sebaya Jangkau Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kurang Mampu di Kubu Raya

William - Minggu, 8 Oktober 2023 | 17:30 WIB

Kubu Raya, Sonora.ID - Kabar gembira untuk masyarakat Kubu Raya karena Pemerintah meluncurkan pelayanan Sehat Bahagiakan Rakyat Kubu Raya (Sebaya).

Dengan hal ini, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di Rumah sakit, Puskesmas, Pustu, dan, Puskesdes.

Pelayanan kesehatan tersebut lahir berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Kubu Raya Nomor 105 Tahun 2022 tentang Program Sehat Bahagiakan Masyarakat.

“Jadi pelayanan Sebaya adalah Sehat Bahagiakan Rakyat Kubu Raya terdapat di Perbup Nomor 105, di situ diatur bagi masyarakat yang tidak mempunyai jaminan kesehatan atau BPJS, kami menjamin kepada masyarakat yang tidak punya BPJS tetap dilayani secara gratis mulai dari Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu, dan Puskesdes hanya dengan KTP Kubu Raya, “ jelas Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan, Kamis (5/10/2023).

Program Sebaya diharapkan dapat membantu masyarakat yang tidak mampu dalam mempermudah pelayanan kesehatan yang dibutuhkan terlebih tidak mempunyai jaminan kesehatan.

Baca Juga: Gramedia Pontianak Gelar Big Sale 1-31 Oktober 2023, Harga Buku Mulai Rp5 Ribu

Sebenarnya pada tahun 2019 berdasarkan Perbup Kubu Raya No. 8 tahun 2019 program tersebut sudah dijalankan namun belum sampai pada pelayanan kesehatan di tingkat rumah sakit.

“Dari situ kita belajar dan menyampaikan ke Bupati agar rumah sakit coba untuk digratiskan, lalu keluarlah Perbup Nomor 105 tahun 2022," imbuhnya.

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang bisa mendapatkan fasilitas Sebaya ini hanya dengan memiliki KTP Kubu Raya, dan Surat Miskin dari desa.

“Insyaallah, Ceisar atau apapun tindakan kesehatan yang dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah Kubu Raya, gratis," tegasnya.