Find Us On Social Media :
Ilustrasi Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak (hipwee)

25 Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak, Beserta Jawabannya

Debbyani Nurinda - Selasa, 17 Oktober 2023 | 19:42 WIB

Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal post test modul 1 guru penggerak, beserta jawabannya.

Dikutip dari situs resmi sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id, Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan yang diperuntukkan bagi guru agar menjadi pemimpin pembelajaran.
 
Selama mengikuti program ini, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya seperti biasa.
 
Program Guru Penggerak mencakup pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama periode 6 bulan untuk calon Guru Penggerak.
 
Untuk bisa menjadi Guru Penggerak juga tidak mudah karena harus mendaftar dan lolos seleksi.
 
Nah, salah satu seleksi yang akan dihadapi adalah post test. Sebagai bahan belajar, kumpulan contoh soal post test modul 1 guru penggerak, beserta jawabannya.

Baca Juga: 7 Contoh Soal SPLDV Metode Eliminasi, Beserta Kunci Jawabannya

1. Anda baru saja ditugaskan menjadi seorang Pembina ekskul Pramuka di sekolah. Lewat penyelidikan mandiri, Anda menghadapi tantangan yaitu menurunnya tingkat partisipasi siswa di sekolah terhadap kegiatan Pramuka.

Siswa lebih tertarik pada kegiatan kin seperti olahraga dan seni. Menurut Anda, banyak hal yang harus dibenahi pada kegiatan Pramuka agar bisa menarik minat siswa.

Kemudian, Anda menyadari bahwa langkah awal yang diperlukan adalah mengumpulkan data yang dapat menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi siswa adalah masalah.

Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang termasuk dalam rencana Anda mengumpulkan data yang otentik?

a. Membuat penelitian ilmiah mengenal dampak kegiatan Pramuka terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah.
b. Membuat survei masyarakat sekitar sekolah mengenal pentingnya Pramuka di lingkungan mereka.
c. Membuat laporan mengenai dampak kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di sekolah
d. Membuat survei dan Wawancara mengenai minat Ekstrakulikuler Pramuka
e. Membuat galeri foto-foto kegiatan Pramuka di majalah dinding sekolah

2. Learning Management System (LMS) yang anda ketahui adalah…

a. Perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.
b. Perangkat lunak pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah menggunakan internet.
c. Perangkat pembelajaran antara siswa dan guru dalam lingkungan online
d. Perangkat pembelajaran yang dirancang antara siswa dan guru pada masa pandemi Covid-19
e. Pembelajaran yang dilakukan dalam lingkungan online dimana interaksi siswa dan guru terjadi

3. Berikut adalah yang termasuk pada fitur LMS adalah …..

a. Tampilan / User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur GForm.
b. Tampilan / User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Video Conference.
c. Tampilan / User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm.
d. Tampilan / User Interface (Ul) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog.
e. Tampilan / User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Blog, serta Fitur GForm.

4. Budi pekerti merupakan keselarasan (keseimbangan) hidup antara cipta, rasa, karsa dan karya. Pendidik dapat mengembangkan pembelajaran untuk menstimulus budi pekerti anak melalui kegiatan berikut ini, kecuali …

a. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi karakter baik dan buruk yang ada di lingkungan masyarakat melalui pengamatan.
b. Guru melibatkan anak untuk berinteraksi dengan peserta didik yang lain dalam sebuah pembelajaran melalui kegiatan diskusi kelompok.
c.Guru dan murid sepakat membuat sebuah peraturan yang mengharuskan siswa bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugas individu.
d. Guru melaksanakan pembelajaran yang melibatkan anak untuk mencari informasi terkait pengetahuan dan penanaman nilai-nilai karakter anak.
e. Guru melakukan penilaian pemahaman anak terkait dengan pengetahuan budi pekerti melalui tes lisan dan tertulis.

5. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan komponen utama dalam memfasilitasi:

1) Memberikan langkah-langkah praktis yang memudahkan peserta melakukan sesuatu
2) Memberikan petunjuk yang rumit untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang dihadapi
3) Memampukan peserta untuk mengungkapkan pandangan tentang masalah yang mereka hadapi bersama
4) Menyampaikan berbagai konsep secara abstrak dan teoritis
5) Memampukan peserta untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi bersama.

a. 1 dan 2
b. 4 dan 5
c. 1 dan 4
d. 1,2 dan 3
e. 2 dan 4

6. Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan budi pekerti bisa dilatih dengan menggunakan permainan anak-anak, misalnya permainan gobak sodor yang bisa melatih…

a. olah raga
b. olah rasa
c. olah semangat
d. olah pikir
e. olah tenaga

7. Ki Hajar Dewantara menyampaikan bahwa tujuan pendidikan adalah “menuntun segala kekuatan kodrat” yang ada pada anak-anak, agar mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia atau sebagai anggota masyarakat.

Jika dikaitkan dengan pendidikan abad 21, manakah yang bukan arti dari frasa “menuntun segala kekuatan kodrat”?

a. kolaborasi guru dan siswa dalam menginisiasi/menciptakan kasmaran belajar dalam diri siswa
b. komunikasi harmonis yang reflektif antara guru dan siswa
c. kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran bermakna
d. keteladanan guru yang inspiratif dalam pembelajaran
e. kecakapan guru dalam menjalankan peran utamanya sebagai pendidik