Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Contoh RPP Guru Penggerak Angkatan 11 Tahun 2023 Paling Lengkap!
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen yang berisi perencanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru.
RPP disusun untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Pada Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP), RPP disusun berdasarkan Profil Pelajar Pancasila.
Profil Pelajar Pancasila merupakan profil lulusan yang diharapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
Baca Juga: Contoh Tugas Ruang Kolaborasi Modul 2.1 Guru Penggerak Tahun 2023
Berikut adalah contoh RPP Guru Penggerak Angkatan 11 Tahun 2023:
Identitas
- Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
- Kelas: 4 SD
- Tema: Peristiwa Alam
- Subtema: Peristiwa Musim
- Kompetensi Dasar:
- 3.7 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di lingkungan sekitar dan dampaknya
- 4.7 Membuat laporan hasil pengamatan tentang peristiwa alam
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik dapat:
- Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di lingkungan sekitar
- Menjelaskan dampak peristiwa alam
- Membuat laporan hasil pengamatan tentang peristiwa alam
Baca Juga: 9 Langkah Pengujian Keputusan Guru Penggerak Paling Lengkap!
Materi Pembelajaran
- Peristiwa alam
- Pengertian peristiwa alam
- Jenis-jenis peristiwa alam
- Dampak peristiwa alam
- Laporan hasil pengamatan
- Pengertian laporan hasil pengamatan
- Unsur-unsur laporan hasil pengamatan
- Langkah-langkah membuat laporan hasil pengamatan
Metode Pembelajaran
- Pendekatan saintifik
- Metode diskusi
- Metode eksperimen
Media Pembelajaran
- Gambar atau video tentang peristiwa alam
- Alat dan bahan untuk eksperimen
Baca Juga: 25 Contoh Soal Post Test Modul 3 Guru Penggerak 2023 dan Jawabannya
Langkah-langkah Pembelajaran
- Apersepsi
Guru memberikan apersepsi dengan mengajak peserta didik untuk mengamati gambar atau video tentang peristiwa alam. Guru kemudian mengajukan pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal mereka tentang peristiwa alam.
- Kegiatan Inti
- Mengamati
Peserta didik mengamati gambar atau video tentang peristiwa alam. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang peristiwa alam yang mereka amati.
- Menanya
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang peristiwa alam yang mereka amati. Guru membimbing peserta didik untuk merumuskan pertanyaan yang tepat.
- Mencoba
Peserta didik melakukan eksperimen untuk mengetahui lebih lanjut tentang peristiwa alam. Guru membimbing peserta didik dalam melakukan eksperimen.
- Menalar
Peserta didik menalar hasil pengamatan dan eksperimen untuk memahami peristiwa alam. Guru membimbing peserta didik dalam proses penalaran.
- Mengkomunikasikan
Peserta didik membuat laporan hasil pengamatan tentang peristiwa alam. Guru membimbing peserta didik dalam membuat laporan hasil pengamatan.
Baca Juga: Contoh Pakta Integritas Guru Penggerak Angkatan 11 Tahun 2023
- Penutup
Guru memberikan kesimpulan tentang materi pembelajaran. Guru memberikan umpan balik kepada peserta didik.
Penilaian
- Penilaian sikap: Observasi, Jurnal, Portofolio
- Penilaian pengetahuan: Tes tertulis, Tes lisan, Penugasan
- Penilaian keterampilan: Praktik, Portofolio
Refleksi
Guru merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. Guru mengidentifikasi hal-hal yang perlu diperbaiki dalam pembelajaran selanjutnya.
Catatan RPP Guru Penggerak Angkatan 11 Tahun 2023
RPP ini hanya merupakan contoh. Guru dapat mengembangkan RPP sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
Baca Juga: Cara Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 11 Tahun 2023, Lengkap!
Prinsip-prinsip Penyusunan RPP Guru Penggerak
Berikut adalah prinsip-prinsip penyusunan RPP Guru Penggerak:
- Berbasis Profil Pelajar Pancasila
RPP harus disusun berdasarkan Profil Pelajar Pancasila. Guru harus memastikan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dapat mendukung capaian Profil Pelajar Pancasila.
- Berorientasi pada peserta didik
RPP harus berorientasi pada peserta didik. Guru harus memastikan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan dapat memenuhi kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
- Fleksibel
RPP harus fleksibel. Guru harus dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi dan situasi yang ada.
- Kolaboratif
RPP dapat disusun secara kolaboratif oleh guru dengan berbagai pihak, seperti pengawas, kepala sekolah, dan ahli.
- Berbasis data
RPP dapat disusun berdasarkan data hasil asesmen awal, pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik.
Dengan mengikuti prinsip-prinsip tersebut, guru dapat menyusun RPP yang efektif dan efisien untuk mendukung pembelajaran yang berkualitas.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.