Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Contoh Jawaban Instrumen Pendampingan Individu 6 Guru Penggerak 2023.
Instrumen pendampingan individu 6 guru penggerak tahun 2023 terdiri dari 7 pertanyaan terbuka yang bertujuan untuk menggali refleksi dan capaian guru penggerak selama 6 bulan mengikuti program. Pertanyaan-pertanyaan tersebut meliputi:
- Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi.
- Refleksi hasil survei (feedback 360) + penilaian sendiri tentang kompetensi guru penggerak.
- Diskusi rencana menerapkan pembelajaran sosial-emosional.
- Diskusi hasil lokakarya 2 (keterlaksanaan dari tahapan BAGJA).
- Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak?
- Setelah Bapak/ Ibu menjalani 6 bulan Pendidikan guru penggerak, Bapak/Ibu dapat mengidentifikasi 3 aset yang paling penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
- Bagaimana proses Bapak/Ibu dalam menemukan aset-aset tersebut?
Baca Juga: 5 Kompetensi Sosial Emosional Guru Penggerak Tahun 2023 Paling Lengkap
Berikut adalah contoh jawaban instrumen pendampingan individu 6 guru penggerak tahun 2023:
Pertanyaan 1
Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi.
Selama 6 bulan mengikuti program guru penggerak, saya telah menerapkan berbagai perubahan dalam pembelajaran, antara lain:
- Menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL)
- Menggunakan model pembelajaran kooperatif
- Menggunakan asesmen autentik
Penerapan perubahan-perubahan tersebut telah memberikan dampak positif pada diri saya dan murid-murid saya, antara lain:
- Saya menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mendesain pembelajaran
- Saya menjadi lebih percaya diri dalam mengajar
- Saya menjadi lebih memahami kebutuhan belajar murid-murid saya
- Murid-murid menjadi lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran
- Murid-murid menjadi lebih mandiri dalam belajar
Baca Juga: Contoh Jawaban Wawancara: Apa Pendapat Anda Tentang Guru Penggerak?
Pertanyaan 2
Refleksi hasil survei (feedback 360) + penilaian sendiri tentang kompetensi guru penggerak.
Berdasarkan hasil survei 360 dan penilaian sendiri, saya telah menunjukkan perkembangan yang positif dalam beberapa kompetensi guru penggerak, antara lain:
- Kompetensi pedagogik
- Kompetensi sosial-emosional
- Kompetensi profesional
Namun, saya masih perlu mengembangkan beberapa kompetensi lainnya, antara lain:
- Kompetensi kepemimpinan pembelajaran
- Kompetensi kewirausahaan sosial
Baca Juga: Contoh Tugas Ruang Kolaborasi Modul 2.2 Guru Penggerak Tahun 2023
Pertanyaan 3
Diskusi rencana menerapkan pembelajaran sosial-emosional.
Saya berencana menerapkan pembelajaran sosial-emosional dalam pembelajaran saya dengan cara:
- Menyisipkan materi-materi sosial-emosional dalam pembelajaran reguler
- Melaksanakan pembelajaran khusus tentang sosial-emosional
- Berkolaborasi dengan orang tua untuk mendukung pembelajaran sosial-emosional murid
Saya percaya bahwa pembelajaran sosial-emosional penting untuk membantu murid-murid menjadi individu yang utuh dan berdaya saing.
Baca Juga: Contoh Lokakarya 1 Guru Penggerak Tahun 2023 Paling Lengkap!
Pertanyaan 4
Diskusi hasil lokakarya 2 (keterlaksanaan dari tahapan BAGJA).
Secara umum, saya telah berhasil melaksanakan tahapan BAGJA dalam lokakarya 2. Saya telah berhasil mengidentifikasi permasalahan di sekolah saya, yaitu rendahnya motivasi belajar murid. Saya juga telah menetapkan tujuan perubahan, yaitu meningkatkan motivasi belajar murid.
Untuk mencapai tujuan tersebut, saya telah menyusun rencana aksi, yaitu:
- Melakukan asesmen motivasi belajar murid
- Melaksanakan pembelajaran yang menarik dan bermakna
- Membangun lingkungan belajar yang kondusif
Saya telah melaksanakan rencana aksi tersebut dan telah melihat beberapa hasil yang positif, yaitu:
- Murid-murid lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran
- Murid-murid lebih termotivasi untuk belajar
Saya akan terus berupaya untuk meningkatkan motivasi belajar murid sehingga mereka dapat mencapai prestasi yang optimal.
Baca Juga: Contoh Laporan 3 PPG untuk Guru Penggerak Tahun 2023 Paling Lengkap
Pertanyaan 5
Apa rencana Bapak/Ibu ke depannya untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak?
Rencana saya ke depannya untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak adalah sebagai berikut:
- Melanjutkan studi tentang pendidikan, terutama pendidikan yang berorientasi pada perubahan
- Berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pengembangan profesional
- Menjadi mentor bagi guru-guru lain
Saya percaya bahwa dengan terus belajar dan mengembangkan diri, saya dapat menjadi guru penggerak yang lebih baik.
Pertanyaan 6
Setelah Bapak/ Ibu menjalani 6 bulan Pendidikan guru penggerak, Bapak/Ibu dapat mengidentifikasi 3 aset yang paling penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Berdasarkan pengalaman saya mengikuti program guru penggerak, saya mengidentifikasi 3 aset yang paling penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, yaitu:
- Guru yang berkualitas
Guru adalah faktor yang paling penting dalam proses pendidikan. Guru yang berkualitas memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial-emosional, dan kepemimpinan pembelajaran yang mumpuni. Guru yang berkualitas dapat menciptakan pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi murid.
- Pembelajaran yang berpusat pada murid
Pembelajaran yang berpusat pada murid adalah pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar murid secara individual. Pembelajaran yang berpusat pada murid dapat membantu murid untuk mengembangkan potensi mereka secara optimal.
- Kerja sama yang baik antar pemangku kepentingan
Peningkatan mutu pendidikan membutuhkan kerja sama yang baik antar pemangku kepentingan, yaitu pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Kerja sama yang baik antar pemangku kepentingan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi pembelajaran murid.
Pertanyaan 7
Bagaimana proses Bapak/Ibu dalam menemukan aset-aset tersebut?
Dalam menemukan aset-aset tersebut, saya melakukan refleksi terhadap pengalaman saya selama mengikuti program guru penggerak. Saya juga berdiskusi dengan rekan-rekan guru penggerak, pengajar praktik, dan pemangku kepentingan lainnya.
Dari hasil refleksi dan diskusi tersebut, saya menemukan bahwa aset-aset tersebut adalah faktor-faktor yang paling penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Aset-aset tersebut saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain.
Kesimpulan
Enam bulan mengikuti program guru penggerak telah memberikan banyak perubahan positif bagi saya. Saya telah menjadi guru yang lebih kreatif, inovatif, percaya diri, dan memahami kebutuhan belajar murid. Saya juga telah mengembangkan kompetensi kepemimpinan pembelajaran dan kewirausahaan sosial.
Ke depannya, saya akan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi guru penggerak saya. Saya percaya bahwa dengan terus belajar dan mengembangkan diri, saya dapat menjadi guru penggerak yang lebih baik dan dapat berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.