Find Us On Social Media :
Ilustrasi Cara Menambahkan Hyperlink di Teks Microsoft Word (freepik.com)

Cara Menambahkan Hyperlink di Teks Microsoft Word, Ini Penjelasannya

Debbyani Nurinda - Jumat, 17 November 2023 | 13:30 WIB

Sonora.ID – Cara menambahkan hyperlink pada teks di Microsoft Word bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk keperluan tertentu, biasanya kita kerap menghubungkan satu file atau dokumen dengan file lainnya.

Nah, untuk menunjang kebutuhan tersebut, kamu hanya perlu menambahkan tautan hyperlink dari teks ke halam situs web, dokumen, hingga gambar yang diinginkan.

Sehingga saat diklik, tautan ini akan membawa pembacanya ke bagian lain di dalam dokumen, misalnya seperti situs web eksternal, berkas lain, dan bahkan pesan surel/email yang telah dilengkapi alamat tujuan.

Tujuan dan fungsi hyperlink ini sendiri adalah untuk memaksimalkan pengguna untuk lebih aktif dalam membuka halaman lain sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Mengetik dengan Suara di Microsoft Word, Tanpa Aplikasi Tambahan

Dalam penerapannya, hyperlink sering juga disebut sebagai link. Biasanya hyperlink bisa dengan mudah nememukan saat kita mencari informasi di laman situs.

Nah, artikel ini akan membahas cara menambahkan hyperlink pada teks di Microsoft Word, berikut penjelasannya.

Cara Menambahkan Hyperlink di Teks Microsoft Word ke Halaman Web atau File Lain

  1. Sorot teks atau gambar yang ingin digunakan sebagai tempat menaruh link.
  2. Klik kanan teks atau gambar yang disorot.
  3. Pilih 'Link' untuk membuka jendela baru.
  4. Pada opsi side bar kiri pilih opsi ‘Existing File or Web Page’.
  5. Pada kotak Address. Masukkan alamat web target jika ingin memasukkan halaman situs. Jika ingin menautkan suatu berkas, pilih file tersebut dari peramban.
  6. Klik 'OK'. Selanjutnya teks yang digaris bawahi akan berwarna biru sebagai tanda bahwa teks atau gambar tersebut dapat diklik untuk membuka halaman yang dibutuhkan.

Cara Menambahkan Hyperlink di Teks Microsoft Word ke Isi Dokumen

Pengguna juga bisa membuat link yang mengarahkan pembaca ke berbagai bagian isi dokumen.

Namun, syarat untuk membuat tautan jenis ini ialah dokumen yang dibuat harus memiliki struktur seperti judul atau bookmark dokumen untuk target isi halaman.

  1. Pilih teks atau gmbar yang ingin digunakan sebagai tempat menaruh link.
  2. Klik kanan dan pilih opsi 'Link'.
  3. Pada jendela baru klik opsi ‘Place in this Document’ untuk membuka struktur atau Heading dokumen atau Bookmark.
  4. Pilih tujuan target untuk membuat tautan tersebut.
  5. Klik 'OK'.
  6. Selesai, untuk menggunakannya pengguna dapat tekan dan tahan CTRL pada keyboard.

Cara Menambahkan Hyperlink di Teks Microsoft Word ke Alamat Email

  1. Pilih teks atau gambar yang ingin ditambahkan ke link.
  2. Klik kanan dan pilih opis 'Link' dari daftar yang muncul.
  3. Pada jendela baru yang muncul klik 'Email Address' di sisi kiri side bar.
  4. Masukkan alamat email di kotak Email Address. Pengguna juga dapat memasukkan subjek khusus untuk email di bawah Subjek.
  5. Selanjutnya klik 'OK'.
  6. Selesai, sekarang setiap kali pembaca mengeklik teks tersebut, pembaca akan dibawa ke aplikasi email atau peramban yang terhubung dengan email tersebut.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Cara Mengunci Rumus di Excel Supaya Tidak Bisa Diubah dan Dicuri Orang