Jakarta, Sonora.Id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menargetkan nilai transaksi sebesar USD 80 Juta dalam ajang UMKM EXPO(RT) BrilianPreneur 2023. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama BRI, Sunarso, saat menggelar konperensi pers di Gedung BRI, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/11/23)
Menurut Sunarso angka yang dibidik tersebut naik dari nilai transaksi dari tahun ke tahun.
“Nilai deal melalui bisnis matching USD 33,5 juta, 2020 USD 57,5 juta, naik tahun 2021 USD 72,1 juta ini menarik karena virtual, naik lagi tahun 2022 USD 76,7 juta nilai kontrak yang terjadi, target USD 80 juta untuk tahun ini,” kata Sunarso
Pada gelaran UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur tahun lalu, pelaku UMKM berkesempatan menjajaki kerja sama dengan para calon pembeli (buyer) dari berbagai negara melalui business matching.
Kemudian untuk tahun ini, rangkaian acara virtual business matching dilakukan pada 27 sampai 29 November 2023. BRI menargetkan pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Jepang, Hongkong, UEA, Taiwan, Malaysia, Korea Selatan, US, Mexico, Kanada, Belanda, Italia, Australia, hingga New Zealand.
Nantinya, pameran ini akan dilaksanakan secara offline di Jakarta Convention Center (JCC) mulai 7 sampai 10 Desember 2023.
Tahun ini, menjadi yang ke-5 penyelenggaraan pameran BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur, dengan mengambil tema “Crafting Global Connection” berarti merakit koneksi global.
Sunarso menuturkan UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan ekspor dan masuk pasar internasional, mengingat posisi UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.
“BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain,” ujar Sunarso.
Sementara itu, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto, mengungkapkan untuk mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara go global, BRI memiliki enam kantor di luar negeri yang sudah bekerja sama dengan 1.200 bank.
“BRI juga membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan. Kami harapkan terjalin komitmen pembelian produk UMKM sehingga dapat semakin memperluas akses pasar global," tutur Amam.
Adapun pada pameran tahun ini, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi yang meliputi 378 UMKM pendaftar baru, 122 UMKM alumni Brilianpreneur, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 150 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya.
Kemudian 32 UMKM member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia), 12 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM. UKM tersebbut berasal dari berbagai daerah yang akan menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.
Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur tahun ini yang dapat berpartisipasi yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.
Nantinya, rangkaian acara yang dapat dinikmati oleh pengunjung maupun UMKM diantaranya showcase 512 UMKM terkurasi, Inspiring talkshow, live shopping e-commerce, fashion show, shopping race, music performance, pojok konsultasi, foto produk gratis, UMKM Awards, Business Matching Award, Championship dan aktivasi-aktivasi menarik pada saat acara misalnya lomba cipta local, workshop karya local, mix & match, make over stylist dan masih banyak hal menarik lainnya.