Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Urutan Langkah dalam Melakukan Penilaian Keaktifan CGP di Lokakarya Guru Penggerak Tahun 2023.
Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) merupakan program yang bertujuan untuk menyiapkan guru sebagai pemimpin pembelajaran yang dapat menggerakkan komunitas belajar.
Program ini dilaksanakan selama 1,5 tahun dan terdiri dari empat fase. Salah satu tahapan penting dalam PPGP adalah lokakarya.
Pada lokakarya, calon guru penggerak (CGP) akan mendapatkan berbagai materi dan pengalaman yang dapat mendukung mereka dalam mengembangkan kompetensi kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik.
Baca Juga: 2.4.1 Supervisi Akademik dengan Paradigma Berpikir Coaching Guru Penggerak
Untuk memastikan bahwa CGP dapat memperoleh manfaat maksimal dari lokakarya, perlu dilakukan penilaian keaktifan CGP.
Penilaian keaktifan CGP dilakukan oleh pengajar praktik (PP) yang mendampingi CGP selama lokakarya.
Penilaian ini bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada CGP agar mereka dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi mereka dalam lokakarya.
Berikut adalah urutan langkah dalam melakukan penilaian keaktifan CGP di lokakarya guru penggerak tahun 2023:
Baca Juga: Contoh Jawaban Eksplorasi Konsep Modul 2.3 Guru Penggerak Tahun 2023
1. Persiapan
Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh PP adalah mempersiapkan diri untuk melakukan penilaian keaktifan CGP. Hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh PP antara lain:
- Memahami tujuan penilaian keaktifan CGP
- Memahami indikator-indikator keaktifan CGP
- Menyiapkan instrumen penilaian
2. Observasi
Setelah persiapan selesai, PP dapat melakukan observasi terhadap CGP selama lokakarya. Observasi dapat dilakukan dengan cara berikut:
- Mengamati secara langsung aktivitas CGP selama lokakarya
- Mendengarkan diskusi CGP
- Membaca karya tulis CGP
Baca Juga: Contoh Naskah Coaching Guru Penggerak Tahun 2023 yang Paling Lengkap
3. Pencatatan
Setelah melakukan observasi, PP perlu mencatat hasil observasi tersebut. Pencatatan dapat dilakukan dengan cara berikut:
- Mencatat aktivitas CGP secara rinci
- Mencatat hal-hal yang menarik perhatian PP
- Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki oleh CGP
4. Analisis
Setelah mencatat hasil observasi, PP perlu melakukan analisis terhadap hasil catatan tersebut. Analisis dapat dilakukan dengan cara berikut:
- Mengkategorikan aktivitas CGP berdasarkan indikator keaktifan CGP
- Menentukan tingkat keaktifan CGP berdasarkan kategori yang telah dibuat
Baca Juga: 35 Contoh Yel Yel Guru Penggerak Tahun 2023 yang Paling Menarik
5. Umpan balik
Setelah melakukan analisis, PP perlu memberikan umpan balik kepada CGP. Umpan balik dapat diberikan secara lisan maupun tertulis. Umpan balik yang diberikan harus bersifat konstruktif dan dapat membantu CGP untuk meningkatkan keaktifan dan partisipasi mereka dalam lokakarya.
Berikut adalah contoh indikator keaktifan CGP yang dapat digunakan oleh PP dalam melakukan penilaian:
- Keaktifan dalam diskusi: CGP aktif bertanya dan memberikan tanggapan dalam diskusi.
- Keaktifan dalam presentasi: CGP aktif dalam presentasi, baik secara individu maupun kelompok.
- Keaktifan dalam kegiatan pembelajaran: CGP aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti praktik mengajar, refleksi, dan berbagi praktik.
- Keaktifan dalam kegiatan refleksi: CGP aktif dalam kegiatan refleksi, baik secara individual maupun kelompok.
- Keaktifan dalam kegiatan berbagi praktik: CGP aktif dalam kegiatan berbagi praktik, baik secara individual maupun kelompok.
Baca Juga: Contoh Stand Panen Karya Guru Penggerak Tahun 2023 yang Paling Lengkap
Penilaian keaktifan CGP merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Penilaian ini dapat membantu CGP untuk meningkatkan keaktifan dan partisipasi mereka dalam lokakarya.
Dengan demikian, CGP dapat memperoleh manfaat maksimal dari lokakarya dan menjadi guru penggerak yang berkualitas.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.