Find Us On Social Media :
Genangan di kawasan Lambung Mangkurat (dok) (Smart FM Banjarmasin / Juma)

Hadapi Genangan, Wali Kota Ingin Pompa, PUPR Andalkan Pasukan Turbo

Juma Muhammad - Kamis, 30 November 2023 | 12:45 WIB

Banjarmasin, Sonora.ID - Menghadapi ancaman genangan yang menjadi langganan saat tibanya musim hujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin mengaku masih menerapkan pola yang sama.

Yakni mengerahkan pasukan turbo untuk membersihkan saluran dari sumbatan sampah. Dengan harapan, air bisa mengalir turun dengan cepat.

Kabid Drainase Dinas PUPR Banjarmasin, Lutfi Fadillah menerangkan, pihaknya telah mengerahkan pasukan turbo ke titik kawasan yang sering kali tergenang setelah turun hujan.

“Seperti di jalan Lambung Mangkurat dan Kolonel Sugiono atau depan pasar sentra Antasari,” ucapnya, saat dikonfirmasi Smart FM Banjarmasin.

Terbukti, banyak ditemukan sampah yang menyumbat saluran, hingga menyebabkan surut air memakan waktu cukup lama.

Baca Juga: Kadis Kominfotik Paparkan Detail Inovasi 'Teras Data Berbagi' di Smart FM

“Banyak sampah dan akar pohon yang menutup. Kemudian, seperti di jalan Kolonel Sugiono terdapat batu besar yang menutup lobag saluran,” jelasnya.

Disisi lain, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meminta kepada Dinas terkait melakukan pompanisasi terhadap daerah-daerah yang tergenang untuk mempercepat surutnya air.

Terutama di tiga daerah yang menjadi langganan setiap tibanya musim hujan. Yaitu, jalan Lambung Mangkurat, Hasan Basry dan Pramuka.

Mengenai hal itu, Lutfi terlihat tampak bingung untuk memenuhinya. Karena cara itu belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Kalau menggunakan pompa seperti kejadian banjir pada 2021 lalu. Tapi untuk sekarang sebenarnya kami masih mengandalkan pasukan turbo,” pungkasnya.