Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Rangkuman Modul 1.4 Budaya Positif untuk Guru Penggerak 2023 Lengkap.
Dalam perjalanan Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) tahun 2023, Modul 1.4 "Budaya Positif" menjadi gerbang menuju transformasi sekolah.
Modul ini mengajak para calon Guru Penggerak (CGP) untuk beralih dari perspektif "pengontrol" menjadi "fasilitator" dalam membangun iklim belajar yang positif dan berpihak pada murid.
Bukan sekadar teori, modul ini membekali CGP dengan strategi aksi nyata yang efektif untuk diterapkan di sekolah masing-masing.
Baca Juga: Rangkuman Modul 2 Guru Penggerak 2023 yang Paling Lengkap dan Terbaru
Menyelami Filosofi Segitiga Restitusi
Modul 1.4 dibuka dengan menggali filosofi Segitiga Restitusi, sebuah kerangka berpikir yang menjadi dasar budaya positif.
Segitiga ini terdiri dari tiga elemen utama: Keyakinan Kelas, Kebutuhan Dasar Manusia, dan Strategi Disiplin Positif.
Keyakinan Kelas adalah nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang ingin ditumbuhkan dalam komunitas sekolah.
Kebutuhan Dasar Manusia merupakan hal-hal fundamental yang dibutuhkan setiap individu untuk bertumbuh dan berkembang.
Strategi Disiplin Positif adalah metode untuk memenuhi kebutuhan dasar murid tanpa hukuman dan penghargaan yang bersifat eksternal.
Dengan memahami Segitiga Restitusi, CGP dapat melihat perilaku murid bukan sebagai masalah yang perlu dikendalikan, melainkan sebagai bentuk komunikasi kebutuhan yang belum terpenuhi. Fokusnya bergeser dari "menghukum" menjadi "memulihkan" dan "mengembangkan".
Baca Juga: Contoh Lembar Rencana Pengembangan Diri Guru Penggerak Tahun 2023
Menumbuhkan Keyakinan Kelas yang Berpihak pada Murid
Modul ini menggali pentingnya merumuskan Keyakinan Kelas bersama seluruh warga sekolah.
Keyakinan ini bukanlah sekadar slogan, melainkan nilai-nilai yang diinternalisasi dan dipraktikkan dalam keseharian.
CGP diajak untuk memfasilitasi proses diskusi dan refleksi bersama untuk menemukan nilai-nilai yang merefleksikan identitas sekolah.
Beberapa contoh Keyakinan Kelas yang berpihak pada murid antara lain: "Setiap murid berhak belajar dan berkembang", "Kesalahan adalah kesempatan belajar", "Hubungan yang positif adalah dasar untuk belajar", dan "Kita bertanggung jawab atas lingkungan belajar bersama".
Keyakinan ini menjadi kompas yang mengarahkan perilaku dan pengambilan keputusan seluruh anggota komunitas sekolah.
Baca Juga: Koneksi Antar Materi Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik Guru Penggerak
Menstrategi Disiplin Positif: Tanpa Hukuman dan Tanpa Penghargaan Eksternal
Modul 1.4 mendekonstruksi konsep "disiplin" tradisional yang sering kali berbasis hukuman dan kontrol ekstern. CGP belajar tentang Strategi Disiplin Positif, pendekatan yang fokus pada memenuhi kebutuhan dasar murid dan mengembangkan keterampilan sosial-emosional mereka.
Beberapa strategi yang dipelajari antara lain: "Segitiga Restitusi", "Hati yang Hangat dan Tegas", "Restorative Practices", dan "Penguatan Positif".
Strategi ini bertujuan untuk membantu murid mengenali kebutuhan mereka, mengembangkan keterampilan regulasi diri, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab.
Baca Juga: Contoh Soal Post Tes Modul 2 Guru Penggerak Beserta Jawabannya
Aksi Nyata: Mewujudkan Budaya Positif di Sekolah
Modul ini tidak hanya menebar teori, tetapi juga membekali CGP dengan keterampilan untuk mempraktikkan budaya positif di sekolah. CGP diajak untuk merancang Aksi Nyata, sebuah proyek nyata yang akan diterapkan di sekolah masing-masing.
Contoh Aksi Nyata yang dapat dilakukan antara lain:
- Memfasilitasi proses pembuatan Keyakinan Kelas bersama seluruh warga sekolah.
- Mengimplementasikan strategi "Hati yang Hangat dan Tegas" di kelas.
- Menyelenggarakan kegiatan yang mempromosikan nilai-nilai Keyakinan Kelas.
- Membangun sistem "Restorative Practices" untuk menyelesaikan konflik antar-murid.
- Membagikan praktik terbaik budaya positif dengan rekan guru lainnya.
Melalui Aksi Nyata, CGP dapat mulai merasakan dampak nyata dari budaya positif. Murid menjadi lebih mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hubungan antar-warga sekolah menjadi lebih positif dan kolaboratif.
Sekolah pun mulai bertransformasi menjadi tempat yang aman, menyenangkan, dan berpihak pada murid.
Baca Juga: Contoh Soal Post Tes Modul 2 Guru Penggerak Beserta Jawabannya
Modul 1.4 "Budaya Positif" hanyalah satu langkah dalam perjalanan panjang transformasi sekolah.
Namun, langkah awal ini sangatlah fundamental. Dengan menggali filosofi Segitiga Restitusi, merumuskan Keyakinan Kelas, dan mempraktikkan strategi Disiplin Positif, para CGP 2023 memiliki bekal yang kuat untuk membangun sekolah impian di mana setiap murid dapat belajar, bertumbuh, dan berkembang dengan optimal.
Artikel ini hanyalah rangkuman singkat dari Modul 1.4. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, disarankan untuk mempelajari modul secara keseluruhan dan berdiskusi dengan sesama CGP dan mentor.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.