Find Us On Social Media :
Ilustrasi Contoh Soal UAS Pengantar Bisnis Semester 1 UT (Pixabay/27707)

25 Contoh Soal UAS Pengantar Bisnis Semester 1 UT, Beserta Jawabannya

Debbyani Nurinda - Sabtu, 16 Desember 2023 | 12:46 WIB

Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal UAS Pengantar Bisnis semester 1 Universitas Terbuka, lengkap dengan jawabannya.

Pengantar bisnis adalah mata kuliah bagi jurusan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, dan sejenisnya.

Pengantar Bisnis merupakan bidang ilmu (dasar) yang memberikan pemahaman mendasar mengenai bisnis dan mengulas tentang bagaimana organisasi bisnis berupaya mencapai tujuan organisasi dengan melakukan berbagai analisis kegiatan bisnis serta mempertimbangkan lingkungan organisasi.

Namun perlu diingat, ini hanya contoh soal Pengantar Bisnis semester 1 dan sangat mungkin berbeda dengan soal UAS Pengantar Bisnis semester 1 yang aslinya.

Tak perlu berlama-lama, berikut 25 contoh soal UAS Pengantar Bisnis semester 1 Universitas Terbuka, lengkap dengan jawabannya.

Baca Juga: 40 Contoh Soal UAS Kimia Kelas 12 Semester 1, Beserta Jawabannya!

1. Teori X dan Y, yang berpendapat bahwa Teori X mempunyai keyakinan bahwa orang padadasarnya malas, sedangkan Teori Y yang meyakini bahwa orang pada dasarnya bersemangat danmemiliki motivasi tinggi, merupakan teori yang dikemukakan oleh ...
 
a. Douglas McGregor
b. Frederick Herzberg
c. Maslow
d. Clayton Alderfer
 
2. Teori motivasi yang menyatakan bahwa karyawan akan termotivasi untuk bekerja agarmendapatkan penghargaan yang mereka inginkan dan mereka percaya bahwa kesempatan atauharapan mereka akan tercapai, yaitu merupakan teori ...
 
a. Keadilan
b. Dua faktor
c. Hirarki kebutuhan
d. Pengharapan
 
3. Salah satu teknik yang digunakan dalam menilai person-organization fit dalam proses seleksiadalah methodology yaitu mengukur…
 
a. Fit dalam dua studi
b. Korelasi antara application’s response dengan organizational profile
c. Kepribadian seseorang
d. Menilai pelamar secara komprehensif
 
4. Untuk menilai kinerja karyawan yang berada dalam kondisi yang tetap dan tidakmemungkinkan untuk diperbaiki dengan keterbatasan kemampuan, motivasi, atau ciri pekerjaannya, maka digunakan penilaian ...
 
a. Pengembangan
b. Penampilan
c. Perbaikan
d. Pemeliharaan
 
5. Salah satu teori yang dapat mendasari penilaian kinerja menyatakan bahwa penilaian kinerjasebaiknya menggunakan berbagai observasi dari waktu ke waktu dan mengadakan analisisterhadap informasi yang diperoleh dari berbagai sumber. Hal ini merupakan isi dari teori..
 
a. Kognitif sosial (social cognitive theory)
b. Identitas (identity theory)
c. Atribusi
d. Kepribadian implisit
 
6. Salah satu fungsi pemasaran yang merupakan kegiatan pemisahan produk atau jasa yangditawarkan kepada pelanggan sesuai dengan kualitas dan karakteristiknya agar mudah dipahami pelanggan adalah fungsi...
 
a. Pengiriman
b. Pengendalian resiko
c. Standarisasi
d. Penggudangan
 
7. Salah satu metode promosi yang merupakan metode yang tidak mahal untuk membangun imejterhadap perusahaan dan produk adalah...
 
a. Periklanan
b. Penjualan personal
c. Promosi penjualan
d. Hubungan masyarakat
 
8. Orang yang ahli dalam menginterpretasikan laporan keuangan dan membuat rekomendasiterhadap kondisi keuangan perusahaan atau organisasi yaitu ....
 
a. Manajer keuangan 
b. Auditor 
c. Akuntan publik 
d. Investor
 
9. Apabila pemilik perusahaan menginvestasikan kembali pendapatannya, membuat kontribusi,menjual aset, menjual saham ke masyarakat, atau menambah modal yang berasal dari investoruntuk menambah dana yang ada dalam perusahaan, disebut dengan..
 
a. Debt capital 
b. Equity capital
c. Cost of capital
d. Venture capital
 
10. Kegunaan dari rasio profitabilitas adalah mengukur …
 
a. Seberapa besar perusahaan meminjam dana utuk kegiatan operasionalnya 
b. Seberapa efektif perusahaan menggunakan berbagai sumber dana untuk mencapai laba
c. Kemampuan aset untuk membayar hutang jangka pendek perusahaan
d. Mengukur kecepatan perusahaan pergerak dari barang mentah menjadi barang jadi yang siapdipasarkan
 
11. Agar tidak mudah dipalsukan, uang memiliki karakteristik yang sulit ditiru yang diistilahkandengan ...
 
a. Portability 
b. Divisibility
c. Durability
d. Difficulty in counterfeiting
 
12. Yang membedakan Bank Syariah dengan Bank Umum adalah ..…
 
a. Beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil 
b. Tidak memberikan layanan kredit
c. Tidak mengeluarkan deposito
d. Hanya membatasi nasabah muslim saja
 
13. Perencanaan tenagakerja, pelatihan kerja, penempatan tenagakerja, perluasan kesempatankerja, dan penggunaan tenagakerja asing merupakan aspek-aspek yang terdapat dalam UUketenagakerjaaan, yaitu ….
 
a. UU No.21 Tahun 2000 
b. UU No.21 Tahun 2001
c. UU No.13 Tahun 2002
d. UU No.13 Tahun 2003
 
14. Variabel demografi merupakan salah satu variabel penting untuk menyusun segmentasi pasar yang meliputi aspek-aspek ….
 
a. Umur, gender, ras, etnik, pendapatan, pendidikan, agama dan kepercayaan 
b. Iklim, sumber daya alam, kepadatan penduduk, nilai budaya, dan lingkungan
c. Kepribadian, motivasi, dan gaya hidup
d. Perilaku konsumen terhadap produk, nilai budaya, dan lingkungan
 
15. Fungsi perencanaan merupakan kegiatan yang sangat penting dan dasar untuk melakukanfungsi manajemen lainnya. Salah satu perencanaan yang dibuat oleh suatu organisasi bisnisadalah perencanaan strategis yang berarti .....
 
a. Deklarasi atau pernyataan organisasi yang mendasar dan berisi tujaan dan filosofi dasarorganisasi 
b. Perencanaan jangka panjang beserta semua strategi untuk pencapaian misi perusahaan atauorganisasi
c. Perencanaan jangka pendek yang disusun untuk mengimplementasikan kegiatan dan tujuankhusus
d. Perencanaan yang sangat pendek mengenai kegiatan khusus individu, kelompok kerja /tim,atau departemen
 
Baca Juga: 30 Contoh Soal Materi TPS UTBK SNBT 2024, Lengkap dengan Jawabannya

16. Manajer merupakan pemimpin dalam organisasi yang berperan dalam memotivasi karyawandengan memberikan penghargaan dan insentif bagi karyawan yang berprestasi. Hal inimerupakan pelaksanaan fungsi ...

a. Pengarahan
b. Penyusunan staf
c. Pengorganisasian
d. Pengendalian

17. PT. Extravaganza, yang bergerak dalam pembuatan produk dari kulit, membagidepartemennya dengan berbasis produk yang dihasilkan: Departemen Jaket, Departemen Sepatu,dan lain-lain. Dengan demikian PT. Extravaganza menganut struktur organisasi...

a. Matriks
b. Fungsional
c. Lini
d. Divisional

18. Orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis,mengumpulkan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yangtepat, mengambil keuntungan serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkangagasan inovatif kedalam dunia nyata secara kreatif dalam rangka meraih sukses/meningkatkan pendapatan, merupakan pengertian dari...