Sonora.ID - Arti penilaian BB, MB, BSH, BSB yang disingkat di pencatatan nilai di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mungkin membingungkan bagi sebagian orang tua.
Penilaian tersebut umumnya diberikan dalam format ceklis dengan tanda centang atau simbol tertentu.
Selain bertujuan untuk memudahkan guru, hal ini dilakukan untuk menandai ketercapaian indikator tertentu.
Dilansir dari laman Paud Pedia Kementrian Pendidikan (Kemdikbud), penilaian dilakukan selama pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung.
Hasil perkembangan anak harus didokumentasikan dengan pengamatan atau observasi, percakapan, penugasan, hingga penilaian hasil karya.
Baca Juga: 20 Contoh Deskripsi Refleksi Orang Tua di Raport TK/PAUD Kurikulum Merdeka
Arti Penilaian BB, MB, BSH, dan BSB
Dalam implementasi penilaian format ceklis, terdapat empat skala yakni BB, MB, BSH, dan BSB.
Masih dikutip dari sumber yang sama, berikut ini arti penilaian BB, MB, BSH, BSB.
- Belum Berkembang (BB), mengindikasikan bahwa anak membutuhkan bimbingan atau contoh dari seorang guru saat melakukan suatu aktivitas. Pada fase ini, guru memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan arahan dan membantu anak memahami tugas atau keterampilan yang sedang dipelajari.
- Mulai Berkembang (MB), mengindikasikan bahwa anak masih memerlukan pengingat atau bantuan dari guru ketika melaksanakan aktivitas tertentu. Meskipun telah menunjukkan kemajuan, anak pada tahap ini masih bergantung pada dukungan guru untuk memastikan bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
- Berkembang Sesuai Harapan (BSH), mengindikasikan bahwa anak telah mencapai tingkat kemandirian yang lebih tinggi. Pada tahap ini, anak mampu melakukan tugas tanpa bantuan atau bimbingan terus-menerus dari guru. Mereka mampu konsisten dalam menjalankan aktivitas tanpa perlu diingatkan atau dicontohkan oleh orang dewasa.
- Berkembang Sangat Baik (BSB), mencerminkan pencapaian tertinggi dalam perkembangan anak. Pada fase ini, anak tidak hanya mampu melakukan tugas secara mandiri, tetapi juga dapat membantu teman-teman mereka yang mungkin belum mencapai tingkat keterampilan yang diharapkan. Kemampuan untuk memberikan dukungan kepada orang lain menandai kematangan sosial dan emosional anak dalam lingkungan pembelajaran.
Contoh Perilaku BB, MB, BSH, BSB