Find Us On Social Media :
()

Selama Nataru, Pengguna KA Commuter Line Wilayah 2 Bandung Naik 3 Persen

Indra Gunawan - Senin, 25 Desember 2023 | 11:09 WIB

Sonora.ID, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) sejak 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024, memberlakukan semua perjalananan kereta api (KA), sebagai angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru), termasuk KA untuk perjalanan lokal atau Commuter Line.

"Ya, selama 18 hari PT KAI memberlakukan Nataru. Kami dari KAI Commuter sebagai operator pelayanan perjalanan Commuter Line di Wilayah II Bandung, juga melakukan berbagai persiapan dalam menyukseskan masa angkutan Nataru ini," ucap Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, dikutip dari siaran persnya kepada Sonora Bandung, Minggu  (24/12/2023).
 
"Kami tetap mengoperasikan 58 perjalanan Commuter line lokal setiap hari. Termasuk di Nataru ini. Namun untuk tahun ini kami prediksi ada peningkatan jumlah pelanggan sebesar 3 persen dibanding tahun lalu," jelas Anne.
 
Anne menyebut, volume pengguna Commuter Line lokal di masa Nataru 2023 sebanyak 928 ribu orang. Angka tersebut naik sebesar 3% jika dibandingkan dengan Nataru 2022 yang mencapai 901 ribu pengguna.
 
Baca Juga: Satpol PP Sulsel Kerahkan 150 Personel Amankan Nataru di Makassar
 
"Kereta api tetap menjadi moda transportasi pilihan pelanggan, karena aman, nyaman dan terkendali," kata Anne.
 
Lebih lanjut Anne menyebut,  KAI Commuter Wilayah 2 Bandung tidak merubah jumlah perjalanan Commuter Line di masa Nataru ini. 
 
Pihaknya tetap mengoperasikan Commuter Line Walahar Ekspres dengan 10 perjalanan, Commuter Line Garut Cibatuan dengan 4 perjalanan, Commuter Line Bandung Raya dengan 40 perjalanan, dan Commuter Line Cibatuan dengan 2 perjalanan, serta Commuter Line Jati Luhur dengan 2 perjalanan. 
 
"Dari 58 pengoperasian perjalanan tiap harinya, Commuter Line Wilayah 2 Bandung memiliki kapasitas daya angkut sebesar 64.554 pelanggan," ungkap Anne.
 
"Dari data yang tercatat untuk rata-rata bulan Desember 2023 ini, volume pelanggan di weekday sebanyak 38.680 orang, dan di weekend sebanyak 51.598 pelanggan, dan total volume pengguna sebesar 889.795 orang," urai Anne.
 
Selain itu, lanjut Anne, pihaknya juga menugaskan sebanyak 264 personil pengamanan, baik untuk di dalam perjalanan maupun stasiun. Untuk pelayanan di atas kereta dan stasiun ada petugas internal KAI Commuter dan dibantu oleh Passanger Service (PS) dan Announcher sebanyak 128 orang. 

Baca Juga: Kesiapan Antisipasi Menghadapi Arus Mudik Nataru 2023-2024
 
Pemesanan dan pembelian tiket Commuter Line Lokal dapat melalui Aplikasi Access By KAI, tiket dapat dipesan mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan. 
 
"Pembelian tiket secara langsung, hanya dapat dilayani pada hari yang sama sesuai tanggal pemberangkatan sepanjang tiket masih tersedia," kata Anne.
 
Sebelum keberangkatan, kata Anne, pengguna juga harus melakukan boarding di stasiun keberangkatan.
 
"Saat boarding, siapkan kartu identitas diri untuk mempercepat proses boarding, dan mengurangi antrian," kata Anne.
 
KAI Commuter mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Commuter Line lokal, utamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas. 
 
"Pelanggan yang bawa anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan. Jika sedang di kondisi tidak sehat seperti sedang batuk, flu atau kondisi lainnya, agar menggunakan masker selama berpergian, mencuci tangan atau membawa hand sanitizer. Untuk bantuan informasi dan up date perjalanan dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline ," pungkas Anne.

Baca Juga: Kantor Pusat PAM Bandarmasih Tutup Selama Cuti Bersama Nataru, Gangguan Lapangan Tetap Dilayani