Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan secara lengkap mengenai materi bahasa Indonesia kelas 4 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.
Kumpulan materi ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa saat belajar di rumah. Selain itu, materi ini juga dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat untuk para siswanya.
Di dalam artikel ini kami juga melampirkan link buku yang digunakan. Anda pun dapat mengunduhnya dengan mudah.
Berikut ini materi bahasa Indonesia kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka lengkap dengan rinciannya.
Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1-2 Kurikulum Merdeka dan Link Bukunya
Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Bab 1: Sudah Besar
Tujuan Pembelajaran:
Dengan menyimak, membaca, dan mendiskusikan bacaan, peserta didik dapat memahami dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita; mengucapkan kata-kata yang panjang; mengenal dan menggunakan kalimat transitif-intransitif dalam tulisan; serta mencari arti kata di dalam kamus dan membuat Proyek Kamus Kelas Empat.
Kegiatan Utama
- Membaca teks dengan nyaring.
- Menulis surat menggunakan kata-kata yang baru diketahui dan kalimat transitif/intransitif.
- Mencari kata di dalam kamus dan memulai proyek Kamus Kotak Kelas Empat.
Kegiatan Pendukung:
- Mendiskusikan hubungan kakak-adik.
Bab 2: Di Bawah Atap
Tujuan Pembelajaran:
Melalui berbagai teks dan kegiatan, peserta didik dapat menjawab pertanyaan terkait isi teks yang dibacakan, mengenali dan menggunakan awalan ‘me-’ sesuai kaidah bahasa Indonesia, menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas, serta mencari informasi dan mempresentasikannya.
Kegiatan Utama:
- Menyimak teks yang dibacakan.
- Membaca teks dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.
- Menuliskan kata berimbuhan ‘me-’.
- Berdiskusi sesuai tema dan mempresentasikan hasil diskusi.
- Menulis paragraf deskripsi.
Kegiatan Pendukung:
- Membuat daftar piket kelas.
- Mendiskusikan tip hemat listrik.
Bab 3: Lihat Sekitar
Tujuan Pembelajaran Bab:
Melalui beragam teks dan kegiatan, peserta didik dapat menulis dengan struktur argumentasi, mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ dan menggunakannya, menyampaikan petunjuk arah, serta menulis teks dengan struktur deskripsi.
Kegiatan Utama: