Sonora.ID - Dalam artikel ini kami sajikan materi bahasa Indonesia kelas 1 SD/MI semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka.
Materi-materi ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk para siswa dalam belajar di rumah. Selain itu, materi ini juga dapat membantu para guru untuk menyusun rancangan pembelajaran yang tepat untuk para siswanya.
Di dalam artikel ini kami lampirkan pula link buku bahasa Indonesia yang digunakan dan resmi dari Kemdikbud.
Berikut ini materi bahasa Indonesia kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka lengkap dengan rinciannya.
Baca Juga: Materi Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka serta Link Bukunya
Materi Bahasa Indonesia Kelas 1 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Bab 1: Bunyi Apa?
Kegiatan Utama
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
- Menyimak teks fiksi dan nonfiksi yang dibacakan guru tentang suara dan pancaindra.
- Mengeja dan membaca kata yang diawali dengan huruf ‘b’ yang dikenali sehari-hari.
- Menulis huruf ‘B’ dan ‘b’.
- Menulis nama sendiri.
- Mengemukakan pendapat dan mendiskusikan tentang suara keras, suara pelan, suara di siang hari, dan suara di malam hari.
- Mengamati dan membandingkan gambar suasana pasar yang ramai dan sepi.
Kegiatan Pendukung
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
- Meletakkan kartu kata yang berisi kata-kata yang diawali dengan suku kata ‘ba-‘, ‘bi-‘, ‘bu-’, ‘be-’, dan ‘bo-’ pada kamus dinding.
- Menempelkan nama bendabenda yang mengandung suku kata kata ‘ba-‘, ‘bi-‘, ‘bu-‘, ‘be-‘, dan ‘bo-’ (misalnya botol, buku) di dinding kelas.
- Mencari huruf ‘B’ dan ‘b’ pada judul-judul buku di pojok baca kelas dan tulisan lain di kelas.
- Melakukan permainan untuk perkenalan. Misalnya guru dan peserta didik membentuk
- lingkaran, kemudian saling melempar bola kain. Peserta didik yang menangkap bola mendapatkan giliran untuk memperkenalkan namanya.
Unsur Kebahasaan
Unsur kebahasaan ini meliputi:
- huruf kapital dan huruf kecil;
- suku kata ‘ba-‘, ‘bi-‘, ‘bu-‘, ‘be-‘, dan ‘bo-‘.
Bab 2: Ayo Bermain!
Kegiatan Utama:
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
- Menyimak teks fiksi dan nonfiksi yang dibacakan guru tentang aturan dan tempat bermain yang aman.
- Mengeja dan membaca kata yang diawali dengan huruf ‘h’ dan ‘c’ yang dikenali sehari-hari.
- Menulis huruf ‘H’ dan ‘h’.
- Mengemukakan pendapat dan mendiskusikan perbuatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan
- saat bermain.
- Membuat gambar berurutan sesuai dengan kejadian pada teks fiksi yang dibacakan oleh guru.
- Menuliskan nama teman yang diawali dengan huruf ‘c’.
Kegiatan Pendukung:
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
- Meletakkan kartu kata yang diawali dengan suku kata ‘ha-’, ‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, ‘ho-’, dan ‘ca-’, ‘ci-’, ‘cu-’, ‘ce-‘, ‘co-’ pada kamus dinding.
- Mencari kata yang diawali dengan suku kata ‘ha-‘, ‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, ‘ho-’, serta ‘ca-’, ‘ci-‘, ‘cu-‘, ‘ce-‘, ‘co-’ pada judul-judul buku di pojok baca kelas dan nama-nama peserta didik di kelas.
- Guru mendiskusikan aturan penggunaan permainan dan buku-buku bacaan di kelas dengan peserta didik. Kemudian guru menuliskan aturan tersebut dalam kalimat sederhana, lalu menempelkannya di pojok baca kelas atau bagian lain di kelas yang mudah dilihat oleh peserta didik.
- Bermain bersama di halaman sekolah, serta melakukan simulasi bergantian menggunakan alat permainan dan mengantri dengan tertib.
Unsur Kebahasaan:
Unsur kebahasaan ini meliputi:
- tanda tanya dan tanda seru;
- suku kata ‘ha-‘, ‘hi-‘, ‘hu-‘, ‘he-‘, ‘ho-’, dan ‘ca-’, ‘ci-‘, ‘cu-‘, ‘ce-‘, ‘co-‘.
Bab 3: Awas Kuman!
Kegiatan Utama:
Kegiatan utamanya sebagai berikut.
- Menyimak teks fiksi dan nonfiksi yang dibacakan guru, yang bertema kebersihan dan kesehatan diri.
- Mengeja serta membaca suku kata dan kata yang diawali dengan huruf ‘k’ yang dikenali sehari-hari.
- Menulis suku kata yang diawali dengan huruf ‘k’.
- Mengemukakan pendapat dan mendiskusikan gambar tentang makanan yang bersih dan tidak bersih.
- Menggambarkan peristiwa dengan hubungan sebab-akibat.
Kegiatan Pendukung:
Kegiatan pendukungnya sebagai berikut.
- Meletakkan kartu kata yang diawali dengan suku kata ‘ka-,’ ‘ki-,’ ‘ku-,’ ‘ke-,’ ‘ko-’ pada kamus dinding.
- Menempelkan nama benda yang diawali dengan huruf ‘k’ (seperti kursi, keset, kaca, kipas) pada benda-benda yang terdapat di kelas.
- Membacakan buku-buku fiksi dan nonfiksi yang bertema kebersihan dan kesehatan diri.
- Mengundang dokter dan tenaga medis lain untuk membacakan buku dan bercerita tentang cara memelihara kebersihan dan kesehatan diri.
Unsur Kebahasaan: