Find Us On Social Media :
Ilustrasi kanker hewan peliharaan yang paling umum menyerang. (Pixabay/Isa Karakus)

5 Kanker Hewan Peliharaan yang Paling Umum Menyerang, Perhatikan Anabulmu!

Nisa Hayyu Rahmia - Minggu, 11 Februari 2024 | 22:55 WIB

Sonora.ID - Tak hanya pada manusia, penyakit kanker juga dapat menyerang hewan peliharaan kesayangan kita.

Setidaknya terdapat lima kanker hewan peliharaan yang paling umum dialami oleh kucing dan anjing.

Dengan alasan tersebutlah, sebagai pemilik anabul, kita harus mengetahui deteksi dini dan pengobatan yang tepat untuk kanker pada hewan.

Kanker pada hewan, seperti halnya pada manusia, adalah topik yang kompleks dan seringkali menyayat hati bagi para pemilik hewan peliharaan,” kata Dr. Leena Dalal, Ahli Bedah Hewan Senior dan Ahli Onkologi, MaxPetZ dikutip dari Times of India.

Adapun lima jenis kanker yang umum terjadi pada hewan peliharaan, yakni Cell Mast Tumor (MCT), Limfoma, Osteosarkoma, Hemangiosarcoma, dan Tumor Mulut.

Baca Juga: Menyenangkan Jika Memiliki Hewan Peliharaan yang Bisa Dirasakan Manfaatnya

1. Cell Mast Tumor (MCT)

MCT merupakan kanker kulit yang sering terjadi pada anjing, sering kali muncul sebagai benjolan di kulit atau di bawahnya.

Penting untuk melakukan deteksi dini karena MCT dapat berkembang menjadi masalah serius, bahkan mengancam nyawa hewan peliharaan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Meskipun sebagian besar MCT pada anjing bersifat ringan dan dapat disembuhkan melalui pembedahan, tumor tingkat tinggi memiliki kemungkinan lebih besar untuk menyebar ke bagian tubuh lain.