Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang Contoh Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas Guru Penggerak.
Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas Guru Penggerak adalah sebuah dokumen yang digunakan untuk mencatat percakapan antara supervisor dan guru sebelum observasi kelas berlangsung.
Tujuannya:
- Memahami persiapan guru untuk pembelajaran.
- Mengetahui strategi yang akan digunakan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Memberikan masukan dan saran kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Baca Juga: 5 Pertanyaan untuk Guru Penggerak Tentang Dilema Etika dan Bujukan Moral
Informasi yang dicatat dalam lembar catatan ini meliputi:
- Informasi umum: Hari/tanggal, sekolah, nama guru, kelas, mata pelajaran, waktu percakapan, dan tujuan pembelajaran.
- Pertanyaan dan jawaban: Pertanyaan yang diajukan supervisor kepada guru dan jawaban yang diberikan oleh guru.
- Catatan khusus supervisor: Catatan tentang hal-hal yang menarik atau perlu diperhatikan selama percakapan.
- Kesimpulan: Kesimpulan tentang kesiapan guru untuk pembelajaran dan saran yang diberikan oleh supervisor.
- Lampiran: RPP, alat peraga, lembar kerja, dan dokumentasi lainnya.
- Tindak lanjut: Tindak lanjut yang akan dilakukan setelah observasi kelas.
Manfaat Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas Guru Penggerak:
- Membantu supervisor untuk memahami kebutuhan guru dan siswa.
- Memberikan masukan dan saran yang tepat kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Meningkatkan refleksi guru terhadap praktik pembelajarannya.
- Membantu guru untuk belajar dari pengalaman dan meningkatkan kinerjanya.
Baca Juga: 3 Prinsip Pengambilan Keputusan Guru Penggerak yang Paling Lengkap
Contoh Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas Guru Penggerak
Informasi Umum:
- Hari/Tanggal: Senin, 12 Februari 2024
- Sekolah: SDN 1 Bangil
- Nama Guru: Ibu Ana
- Kelas: 4
- Mata Pelajaran: Matematika
- Waktu Percakapan: 10.00 - 10.30 WIB
- Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat memahami konsep pecahan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan.
Pertanyaan dan Jawaban:
Supervisor:
- Bagaimana Ibu mempersiapkan pembelajaran matematika hari ini?
Ibu Ana:
- Saya mempersiapkan pembelajaran dengan menyusun RPP yang memuat tujuan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, dan penilaian. Saya juga menyiapkan alat peraga seperti papan tulis, spidol, dan lembar kerja.
Supervisor:
- Apa strategi yang Ibu gunakan untuk membantu siswa memahami konsep pecahan?
Ibu Ana:
- Saya menggunakan berbagai strategi seperti:
- Menjelaskan konsep pecahan dengan menggunakan contoh-contoh yang konkret.
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memanipulasi pecahan secara langsung.
- Mendorong siswa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah.
Supervisor:
- Bagaimana Ibu menilai pemahaman siswa terhadap konsep pecahan?
Ibu Ana:
- Saya menilai pemahaman siswa melalui:
- Pengamatan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran.
- Hasil diskusi kelompok.
- Lembar kerja.
Baca Juga: Rangkuman Modul 1.4 Budaya Positif untuk Guru Penggerak 2023 Lengkap
Supervisor:
- Apakah ada hal-hal yang menjadi kekhawatiran Ibu dalam pembelajaran hari ini?
Ibu Ana:
- Saya khawatir beberapa siswa masih kesulitan memahami konsep pecahan.
Supervisor:
- Jangan khawatir, Bu. Saya yakin Ibu bisa membantu siswa memahami konsep pecahan dengan baik. Berikut beberapa saran dari saya:
- Gunakan berbagai media pembelajaran yang menarik.
- Berikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif.
- Lakukan penilaian secara formatif dan sumatif.
Ibu Ana:
- Terima kasih atas sarannya, Bu. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu siswa memahami konsep pecahan.
Catatan Khusus Supervisor:
- Ibu Ana terlihat antusias dan siap untuk melaksanakan pembelajaran.
- Ibu Ana memiliki pemahaman yang baik tentang konsep pecahan.
- Ibu Ana telah menyiapkan pembelajaran dengan baik.
- Ibu Ana memiliki strategi yang tepat untuk membantu siswa memahami konsep pecahan.
Baca Juga: Rangkuman Modul 2 Guru Penggerak 2023 yang Paling Lengkap dan Terbaru
Kesimpulan:
Pra-observasi menunjukkan bahwa Ibu Ana siap untuk melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik. Ibu Ana memiliki pemahaman yang baik tentang konsep pecahan, telah menyiapkan pembelajaran dengan baik, dan memiliki strategi yang tepat untuk membantu siswa memahami konsep pecahan.
Lampiran:
- RPP
- Alat peraga
- Lembar kerja
Tindak Lanjut:
- Supervisor akan melakukan observasi kelas untuk melihat bagaimana Ibu Ana melaksanakan pembelajaran.
- Supervisor akan memberikan umpan balik kepada Ibu Ana setelah observasi kelas.
Dokumentasi:
- Foto-foto kegiatan pembelajaran
- Video pembelajaran
Refleksi:
- Pra-observasi ini membantu saya untuk lebih memahami kebutuhan siswa dan guru.
- Saya belajar banyak dari Ibu Ana tentang bagaimana mengajar matematika dengan efektif.
- Saya akan terus belajar dan meningkatkan kemampuan saya sebagai supervisor.
Demikian contoh Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas Guru Penggerak. Semoga bermanfaat.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.