Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang 7 Tindakan Kepala Sekolah untuk Mendukung Transformasi Sekolah melalui Pembelajaran CGP.
Program Guru Penggerak (CGP) merupakan salah satu terobosan Kemendikbudristek dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Para CGP didorong untuk menjadi pemimpin pembelajaran di sekolahnya, membawa perubahan positif, dan menginspirasi guru lain untuk berkembang.
Namun, peran CGP dalam transformasi sekolah tidak akan maksimal tanpa dukungan penuh dari kepala sekolah.
Dilansir dari kspstendik.kemdikbud.go.id, Berikut 7 tindakan yang dapat dilakukan kepala sekolah untuk memaksimalkan pembelajaran CGP:
Baca Juga: 25 Contoh Motivasi Mengikuti Program Guru Penggerak yang Menarik
1. Menciptakan Budaya Belajar yang Kondusif:
- Memberikan ruang dan waktu bagi CGP untuk belajar dan berkolaborasi.
- Mendorong refleksi dan diskusi kritis tentang praktik pembelajaran.
- Menyediakan akses ke sumber daya dan pelatihan yang relevan.
2. Memberikan Dukungan Emosional dan Motivasi:
- Menjadi pendengar yang baik dan memahami tantangan yang dihadapi CGP.
- Memberikan apresiasi atas usaha dan prestasi CGP.
- Membangun kepercayaan dan rasa saling mendukung di antara CGP dan guru lain.
Baca Juga: Lembar Umpan Balik dari Kepala Sekolah untuk Kompetensi Guru Penggerak
3. Memfasilitasi Implementasi Inovasi Pembelajaran:
- Memberikan izin dan otonomi bagi CGP untuk mencoba metode pembelajaran baru.
- Membantu CGP dalam mengidentifikasi dan mengatasi hambatan dalam implementasi inovasi.
- Menyediakan pendanaan dan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung inovasi.
4. Membangun Komunitas Pembelajaran yang Kuat:
- Mendorong kolaborasi antara CGP dan guru lain di sekolah.
- Memfasilitasi pembentukan komunitas belajar antar sekolah.
- Menyediakan platform untuk berbagi praktik dan pengetahuan antar CGP dan guru.
Baca Juga: Contoh Jawaban Instrumen Pendampingan Individu 6 Guru Penggerak
5. Mendorong Kepemimpinan dan Kemandirian CGP:
- Memberikan kesempatan kepada CGP untuk memimpin proyek dan kegiatan di sekolah.
- Mendorong CGP untuk mengambil peran aktif dalam pengembangan sekolah.
- Memberikan kepercayaan kepada CGP untuk mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah.
6. Mengintegrasikan Pembelajaran CGP dengan Visi dan Misi Sekolah:
- Menyelaraskan tujuan pembelajaran CGP dengan tujuan sekolah.
- Memastikan bahwa program CGP berkontribusi pada pencapaian visi dan misi sekolah.
- Menggunakan hasil pembelajaran CGP untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja sekolah.
Baca Juga: Contoh Jawaban Modul 1.1.a.3 Guru Penggerak: Refleksi Kritis, Ekspektasi, dan Harapan
7. Mengukur dan Mengevaluasi Dampak Pembelajaran CGP:
- Melakukan asesmen terhadap kemajuan belajar dan kepemimpinan CGP.
- Mengukur dampak pembelajaran CGP terhadap kualitas pembelajaran di sekolah.
- Menggunakan hasil evaluasi untuk meningkatkan program CGP dan program sekolah secara keseluruhan.
Dengan melakukan 7 tindakan ini, kepala sekolah dapat membantu CGP dalam membawa transformasi positif di sekolah.
Kolaborasi dan sinergi antara CGP dan kepala sekolah merupakan kunci utama dalam mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid, berkualitas, dan berkelanjutan.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.