Find Us On Social Media :
Pemkab Kukar ()

Pemkab Kukar Luncurkan Langkah Strategis untuk Kesejahteraan Warga di 2024

Etty Hariyani - Jumat, 5 April 2024 | 10:25 WIB

TENGGARONG. Sonora.ID - Rapat Paripurna ke-7 DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi ajang penting bagi Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, untuk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2023.

LKPJ ini menandai komitmen Kepala Daerah dalam tahun kedua periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, yang diimplementasikan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2023 dengan tema “Peningkatan Penyediaan Infrastruktur Dasar, Konektivitas dan Pengembangan SDM”.

Sunggono, yang familiar dengan sapaan tersebut, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pimpinan Kukar, anggota DPRD, dan Forkopimda atas kontribusi dan kerja sama yang terjalin selama Tahun Anggaran 2023.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita untuk tahun 2023 mencapai 75,95%, meningkat 0,85% dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan pentingnya peningkatan IPM secara berkelanjutan,” ujar Sunggono.

Angka Kemiskinan di tahun 2023 tercatat sebesar 7,61%, menurun 4,397% dari tahun sebelumnya.

“Isu kemiskinan adalah salah satu fokus utama dalam pembangunan daerah, yang ditangani melalui berbagai program Pemerintah Kabupaten Kukar untuk mengurangi angka kemiskinan,” tambahnya.

Menutup laporannya, Sunggono menegaskan bahwa Pemkab Kukar telah memperkenalkan Rumah Besar Pengentasan Kemiskinan.

Inisiatif ini dirancang untuk meningkatkan kolaborasi dengan stakeholder dan mempercepat penanganan kemiskinan di daerah.