Sonora.ID - Kereta Cepat Whoosh akan menghadapi momen Libur Lebaran perdananya di 2024 setelah diluncurkan pada Oktober 2023. Sebagai bentuk kesiapan, KCIC selaku operator Whoosh menambah jadwal perjalanan harian Whoosh 30 persen.
KCIC menetapkan masa Angkutan Lebaran sejak 3-18 April 2024. Pada periode tersebut KCIC akan mengoperasikan 40 perjalanan Whoosh reguler dan 12 perjalanan tambahan. Totalnya 52 perjalanan per hari dimulai 5 April 2024 telah disiapkan KCIC untuk melayani penumpang di masa libur Lebaran.
Dengan penambahan jadwal perjalanan, headway Whoosh di jam sibuk mencapai hingga 25 menit. Whoosh sendiri akan beroperasi mulai dari 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Halim - Tegalluar dan pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Tegalluar - Halim. Hal ini membuat para penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhannya.
Peningkatan jumlah perjalanan ini merupakan antisipasi KCIC terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi seperti pada periode libur panjang sebelumnya.
Penambahan jadwal perjalanan Whoosh juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh KAI menuju Bandung dan Cimahi.
Pelayanan Restorasi diatas KA juga mulai dioperasikan di masa angkutan lebaran kali ini. penumpang Whoosh dapat menikmati layanan restorasi di Kereta Makan yg nyaman dan unik.
Pada momen libur lebaran KCIC juga mengerahkan sekitar 524 petugas pengamanan per hari untuk memastikan keselamatan dan keamanan di stasiun, kereta dan jalur lintas operasional Whoosh.
Untuk meningkatkan pelayanan sekitar 24 petugas tambahan yang akan di fungsikan sebagai passenger service mobile juga di hadirkan di stasiun untuk membantu mengarahkan dan memberikan informasi kepada penumpang. Peningkatan layanan juga lakukan dalam bentuk pembagian *takjil gratis* untuk penumpang pada jadwal tertentu khususnya yang mendekati waktu berbuka puasa.
Pada masa angkutan Lebaran ini, KCIC tetap menerapkan skema tarif dinamis untuk kelas Premium Economy. Penumpang sudah bisa melakukan pemesanan tiket di saluran resmi yang tersedia seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.
Untuk memastikan kemudahan masyarakat dari dan menuju stasiun dapat terakomodir dengan baik, KCIC juga telah berkordinasi dengan seluruh operator intermoda lainnya untuk memenuhi kebutuhan angkutan lanjutan para penumpang dari Stasiun Whoosh ke berbagai destinasi lainnya.
Tersedia layanan mulai dari LRT Jabodebek, Commuterline, Bus TransJakarta, Bus Trans Metro Pasundan, Bus menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, shuttle, dan taksi yang siap melayani seluruh penumpang Whoosh.
Berdasarkan pantauan sampai dengan saat ini, tanggal yang menjadi favorit masyarakat adalah mulai keberangkatan H-5 Lebaran yaitu tanggal 5 April dan seterusnya. Tiket yang sudah terjual di sejumlah tanggal dan jam favorit mencapai di atas 80%. Jumlah tersebut masih akan terus berubah sehubungan penjualan tiket yang masih berlangsung.
Di tengah tingginya mobilitas masyarakat selama periode libur lebaran ini, berbagai layanan tambahan diharapkan bisa membuat perjalanan penumpang semakin nyaman.
Penulis: Sly Cahya
Sumber: Humas PT KCIC