Sonora.ID - Cara menjumlahkan di Excel dapat dilakukan dengan mudah dan praktis sehingga Anda bisa bekerja dengan efektif.
Fungsi utama Excel pada dasarnya memang untuk mengolah data, baik itu laporan, menghitung, menganalisis, mau pun mempresentasikannya.
Dalam sebuah fail Excel, kita dapat melihat kumpulan sel berisi baris dan kolom.
Dengan adanya software ini, pengolahan data tak perlu lagi dilakukan secara manual, termasuk dalam urusan penjumlahan.
Baca Juga: Cara Membuat Ranking di Excel secara Otomatis, Mudah dan Cepat!
Cara Menjumlahkan di Excel
Adapun beberapa cara untuk melakukan penjumlahan di Excel yakni sebagai berikut.
1. Menggunakan +
Metode ini digunakan ketika Anda ingin menjumlahkan data yang terletak dalam satu baris yang sama. Ikuti langkah-langkah ini:
- Pilih sel kosong di sebelah kanan angka yang ingin Anda jumlahkan.
- Mulai rumus dengan mengetik tanda =.
- Klik pada sel pertama yang ingin Anda jumlahkan, kemudian ketik tanda +.
- Lanjutkan dengan mengklik sel berikutnya di sebelah sel sebelumnya.
- Teruskan proses ini sampai semua sel yang ingin Anda jumlahkan telah dipilih.
- Tekan tombol Enter untuk melihat hasil penjumlahan.
2. Pakai Rumus SUM